COCO Festival, Wadah Dari BUMN Untuk Millennials Berkarya Dan Menjadi Juara

Apa yang ada di bayangan kalian jika disebut kata “millenials”? Anak muda zaman now yang piawai main gadget dan dibesarkan oleh segala kemudahan teknologi. Setuju gak sih? Jadi kita termasuk millenials gak? Buibu seperti saya konon katanya namanya millennial parents. Generasi orang tua yang mendidik anak-anak millennial. Kita masih beruntung, masih sempat belajar segala hal tentang teknologi dan kemudahannya di masa kini.

Nah, sebagai yang termasuk kaum millennial dan mencicipi segala kemudahan teknologi, konon katanya anak-anak yang benar-benar lahir di masa millennial ini lebih memilih gawainya daripada televisi. Di gawai mereka bisa melihat apa saja, termasuk siaran televisi. Anak millennial juga wajib punya akun media sosial sebagai sarana sosialisasi. Gak punya akun medsos, gak gaul, Kak! Karena segalanya ada di gawai dan akun medsos, mereka jadi cenderung kurang menyukai membaca secara konvensional. Membaca buku dan jurnal tidak lagi menarik buat anak millennial. Mereka cenderung menyukai gambar atau ilustrasi yang bergerak dan berwarna-warni. Maka, tidak heran jika anak millennial lebih akrab dengan google ketimbang dengan tetangga sebelah. Eh gimana? Bener gak sih?

Rupanya BUMN dan seluruh jajarannya membaca pergeseran tren antar generasi tersebut. Tak ingin kehilangan momen, BUMN pun mulai bekerja sama dan mengajak para millennial untuk turun tangan dan ambil bagian dalam membangun negeri. BUMN mulai merekrut pegawai-pegawai muda dari kalangan millennial. Untuk melayani pelanggan millennial maka, BUMN harus mengerti dan memahami karakter anak millennial. Untuk itulah dibutuhkan pegawai-pegawai muda dari kalangan millennial.

Selain itu, dengan merekrut para pegawai muda yang mendapat julukan “millennial BUMN”, perusahaan plat merah tersebut ingin mengubah tatanan kaku dunia kerja. Melalui karakter anak muda yang dinamis dan flexible, budaya dan etos kerja harus terus berkembang mengikuti zaman. Pola pelayanan dan pemasaran yang modern diharapkan mampu memenuhi keingin dan tuntutan zaman.

Tak lupa BUMN juga menggandeng anak-anak muda dan memberi mereka kesempatan untuk berkarya dan berprestasi. Salah satunya melalui ajang COCO Festival 2018, sebuah kompetisi dalam berkreasi menciptakan konten yang positif dan menarik. Bahkan BUMN mengajak para millennial untuk mengucapkan Deklarasi Sinergi Muda Untuk Indonesia, yang kurang lebih isinya sebagai berikut:

Kami generasi muda Indonesia
Bertekad untuk bangkit dan bekerjasama untuk berdaya
Mengisi Kemerdekaan Indonesia, menentang hoax dan bersinergi untuk Negeri
Tekad kami, menjaga persatuan bangsa dari usaha untuk memecah belah bangsa
Bergandengan tangan bersama menghargai perbedaan dan mencintai keberagaman agar selalu tercipta persatuan untuk Bersama-sama membangun Indonesia

COCO Festival Indonesia 2018 atau Content Creation Festival 2018 adalah sebuah ajang kreatif yang dimotori oleh BUMN untuk mengajak para millenials berkarya dalam menciptakan konten-konten kreatif dan positif. Rangkaian acara COCO festival 2018 ini sudah dimulai sejak bulan oktober dengan mengadakan aktivitas digital seperti lomba menciptakan konten kreatif dan positif hingga flash mob di ruang publik.

Di ajang COCO Festival 2018 atau disingkat COCOFest 2018 ini anak-anak muda diajak untuk membuat konten positif berupa video dan foto bertema BUMN sebanyak-banyaknya dan sekreatif mungkin. Foto atau video yang mereka buat harus diupload ke media sosial masing-masing dengan memenuhi semua persyaratan lomba yang telah ditentukan. Kompetisi yang diadakan dibagi ke dalam beberapa kategori. Para pemenang akan mendapatkan hadiah jutaan rupah dan pemenang utama akan diajak jalan-jalan ke Labuan bajo. Senangnya!

Selama kompetisi berlangsung, panitia telah menerima lebih dari 5.200 konten, baik berupa foto maupun video. Juri pasti puyeng ya milihnya. Ternyata masih banyak anak-anak muda yang kreatif dan bersemangat. Puncak acara COCO Festival 2018 diadakan kemarin tanggal 10 Nopember 2018 dengan ditandai malam penghargaan atau Awarding night.

Saya beruntung bisa datang untuk melihat langsung Awarding Night COCOFest 2018 di area Monumen Kapal Selam Surabaya. Para pemuda dan pemudi berpakaian ala pahlawan nasional berdatangan beramai-ramai. Acara yang bertema “Tribute to Heroes” ini juga menghadirkan banyak bintang tamu dan narasumber keren. Acara kali ini didukung oleh Bank Mandiri, salah satu BUMN yang bergerak dibidang perbankan.

Setelah memasuki area monument kapal selam, kami disambut oleh jajaran para UKM yang mengisi booth-booth showcase yang berjajar di area depan. Setelah melewati jajaran booth-booth UKM, kami disambut gerbang yang di desain sangat millennial yang membuat suasana kekinian makin terasa. Acara dimulai sekitar pukul 3 sore dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Merinding mendengar lantunan lagu diiringi semangat para millennial BUMN yang hadir. Hari itu ada sekitar 3.000 para generasi millennial yang memenuhi lapangan belakang kawasan Monkasel Surabaya.

Sebagai nara sumber, ada juga Aris Lukman dan koko Inijie yang memberikan ide-ide kreatifnya dalam membuat konten-konten positif di media sosial. Di sesi idea talks tersebut, kedua narasumber yang memiliki follower puluhan ribu tersebut juga memberikan kesempatan kepada para millennial untuk bertanya tentang konten kreatif dan positif. Aris Lukman dan Koko Inijie mendorong generasi muda untuk terus berlomba-lomba membuat konten positif yang kreatif agar media sosial menjadi tempat yang inspiratif untuk semuanya.

Setelah jeda sholat Maghrib suasana semakin ramai dan semarak. Selain idea talks ada juga penampilan para bintang tamu yang menghibur, termasuk Boy William yang mendampingi menjadi MC pada malam hari. Sekitar pukul 8 malam, nampak ibu Menteri BUMN Rini Sumarno hadir memasuki area acara berlangsung. Ibu Rini hadir untuk memberikan penghargaan kepada para pemenang COCO Festival 2018 dan mengajak generasi millennial untuk ikut turun tangan membangun negeri.

Berikut nama-nama pemenang COCO Festival 2018:

  • Pemenang Cocofest Nature kategori Santri @dinaslam
    Pemenang Cocofest Nature kategori Mahasiswa @farismuhammad
    Pemenang Cocofest Nature kategori Non Mahasiswa @readandisense
  • Pemenang Cocofest Infrastruktur kategori Santri @mudikir
    Pemenang Cocofest Infrastruktur kategori Mahasiswa @miqradito
    Pemenang Cocofest Infrastruktur kategori Non Mahasiswa @alfisyay
  • Pemenang Cocofest Lifestyle kategori Santri @humamnadif
    Pemenang Cocofest Lifestyle kategori Mahasiswa @dehatra
    Pemenang Cocofest Lifestyle kategori Non Mahasiswa @irwanschizo
  • Pemenang Cocofest Transportasi kategori Santri @muhajirdan150lainnya
    Pemenang Cocofest Transportasi kategori Mahasiswa @den.astri
    Pemenang Cocofest Transportasi kategori Non Mahasiswa @jorgipratamas

Setelah penyerahan hadiah, tak lupa ibu Rini Sumarno memberikan pesan-pesan tentang bahaya hoax yang selalu mengintai di setiap media sosial. Acara semakin seru dengan adanya pasukan manusia yang berubah menjadi zombie akibat terlalu sering terpapar hoax. Rupanya ada teatrikal dan flashmob yang membuat suasana malam makin semarak. Setelah para pasukan zombie dikalahkan oleh pahlawan-pahlawan yang tak pernah lelah menyebarkan konten positif, tiba-tiba langit malam dibuat semarak oleh suara kembang api yang warna-warni.

Ditutup oleh penampilan Rinni Wulandari, malam itu kami pulang dengan perasaan penuh semangat. Semangat untuk terus menebarkan konten positif dan tidak lelah untuk berkreasi. Menghasilkan karya yang dapat memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar. Semoga COCO Festival akan kembali lagi tahun depan dan BUMN terus memberikan kontribusi nyata bagi negeri tercinta.



Related Posts :

4 Comments :

  1. Acara yang sangat positif, menggandeng generasi milenial untuk bersama menangkal hoax.


  2. Wah asik bgt ya acaranya .. bnyk booth2 menarik Mb. Jadi pingin kesana…



  3. Moga tahun depan COCO Fest diadain lagi, soalnya baca postingannya Kakwid ikutan rasa seru disana. Makasi sharingnya Kak 🙂


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
Invalid Data