Day 1: Family Trip Berkeliling di Batu, Malang, dan Menginap di Villa Unik

Wisata Keluarga Batu Malang

Yuhuuuu, libur tlah tiba… libur tlah tiba… hore, hore, hore!

Siapa nih yang sudah gak sabar untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga? Ternyata menurut survei Family Travel Agoda, 4 dari 5 orang akan bepergian bersama keluarganya untuk beberapa tahun mendatang dan orang Indonesia cenderung memilih bepergian bareng keluarga besar, yakni sebanyak 59% berencana melakukannya.

Dan akhirnya pandemi mulai terkendali, kini saatnya bisa menikmati lagi liburan bersama keluarga ke luar kota yaa… Demikian juga dengan keluarga Setyadi. Kali ini, kami merencanakan family trip dengan baik dan semua lancar berkat Agoda.

Liburan keluarga kami rancang sedemikian rupa agar tetap menyenangkan tapi hemat budget. Ya gimana ya bu, namanya istri tuh mesti pinter kekepin dompet dan ATM biar gak bocor sana-sini. Apalagi kalau sudah judulnya liburan tuh kadang-kadang suka gak terasa, lihat ini itu main beli aja. Tahu-tahu isi ATM sudah menunjukkan alarm merah. Eh itu aku sendiri atau kalian juga sih?

Nah, buat kalian yang ingin menghabiskan waktu dengan budget hemat seperti kami, coba cari deh lokasi wisata di dekat kota kalian tinggal tapi memiliki udara dan suasana alam yang berbeda. Kami tinggal di Surabaya yang notabene daerah pesisir, pastinya kalau liburan pengennya cari hawa yang adem dong. Maka pilihan kota terdekat dari Surabaya tentu saja Batu, Malang.

itinerary Batu Malang

Di Batu kami memilih menginap di daerah Songgoriti. Songgoriti sampai saat ini udaranya masih adem cless. Suhu rata-rata di Songgoriti saat kami menginap di The Onsen Hot Spring Resort yang kami booking lewat Agoda, berkisar antara 14-24℃. Lumayan bikin kami betah bergelung di dalam selimut kalau malam sudah menjelang. Kami menginap di Songgoriti selama tiga hari dua malam. Puas sekali, sampai enggan pulang.

The Onsen Hot Spring Resort

Selama liburan kami memilih menginap di resort yang private agar bisa menepi dengan lebih leluasa. Pilihan kami jatuh di The Onsen Hot Spring Resort. Resort ini menjadi pilihan menarik karena ruangan yang cukup luas dengan dua kamar tidur yang bisa kami tempati. Memasuki resort, anak-anak antusias melihat kamarnya ketika kami beritahukan bahwa mereka boleh menempati kamar terpisah dari kami.

Ditambah lagi mereka bahagia sekali ketika melihat pemandangan dari area balkon yang langsung mengarah ke perbukitan. Dari balkon kami bisa melihat paralayang beterbangan setiap sore. Saat cuaca cerah, dari kejauhan juga terlihat pucuk gunung Semeru yang habis mengeluarkan awan panas kemarin. Karena cuaca cukup dingin, maka jangan cari AC di ruangan ini yaa…

Hawa dingin makin syahdu ketika kami tahu kalau setiap kamar dilengkapi dengan private onsen atau pemandian air panas pribadi yang mulai terisi setiap jam 7 malam. Resort secara keseluruhan dibuat seperti rumah di jepang yang setiap kamarnya dilengkapi dengan tatami dan tempat tidur di bawah tanpa ranjang. Untuk melengkapi suasana jepang, di setiap kamar disediakan yukata yang bisa kita pakai sewaktu-waktu. Setiap kamar juga dilengkapi dengan ruang duduk yang dilengkapi dengan bantal bulat ala Jepang.

Sensasi menginap di resort ala Jepang makin terasa kental dengan sajian menu makan pagi di Fushimi Resto yang semuanya menggunakan nama Jejepangan. Panorama yang bisa disaksikan dari resto pun tak kalah ciamik, yaitu gerbang Torii yang berwarna merah dan fenomenal. Yang tak kalah unik, semua ruang resort di The Onsen Hot Spring Resort menggunakan nama-nama kota di Jepang, seperti Tokyo, Osaka, Nara, Kobe, Kyoto, Nagoya dan sejenisnya. Kami menempati kamar Saitama.

Setiap kamar selain berisi kamar tidur dan ruang duduk, juga dilengkapi dengan kulkas, kamar mandi, private onsen, balkon, juga dilengkapi dengan wifi yang lumayan kenceng. Ini penting untuk kami yang di mana saja, dan kapan saja kadang masih membawa file dan draf kerjaan. Layaknya rumah di Jepang, semua kamar dan fasilitas di The Onsen Hot Spring Resort menggunakan bahan yang didominasi kayu.

Review the onsen hot spring resort

Bagaimana dengan tarifnya? Normalnya sih setiap resort dikenakan tarif di atas 3 juta. Namun karena saya adalah ibu rumah tangga yang tidak mau rugi begitu saja, tentu saya punya cara cukup cerdas dengan mencari diskonan. Ya apalagi andalan ibu-ibu seperti saya kalau bukan diskonan, ya kaaan? Sangat ibu-ibu sekali. Namun percayalah dengan tekad kuat, saya pun berhasil mendapat diskonan lebih dari 50%. Amazing kan?

Di mana cari diskonannya? Ya di Agoda laaaaah… Di mana lagi? Kalian bisa menemukan berbagai akomodasi terbaik untuk family travel di platform Agoda, mulai dari Agoda Homes yang terdiri dari bungalow, apartemen, villa, homestay, dan banyak lagi. Jadi pilihannya nggak hanya hotel mewat atau budget hotel melulu.

Nah, selama di Songgoriti, apa saja sih yang kami lakukan? Apalah arti liburan tanpa petualangan buat keluarga Setyadi? Maka petualangan tetaaap dilakukan. Pelan-pelan ya, kami akan share itinerarynya satu per satu. Rekomendasi untuk liburan kali ini dan berbagai kegiatan yang kami lakukan juga kami dapatkan di fitur “Activities” atau Aktivitas milik platform Agoda. Cobain juga yuk!

Liburan Hari Pertama Di Batu, Malang

Petik Apel di Agro Rakyat.

Saat tiba di Malang masih cukup pagi. Kami menyempatkan diri untuk sarapan terlebih dahulu. Selesai sarapan kami mencari petualangan alam yang sudah buka pagi hari dan menyenangkan buat anak-anak. Kemana lagi kalau bukan mengunjungi kebun Apel.

Apalah artinya ke kota Malang tanpa pulang membawa Apel. Tapi rasanya buat bocah-bocah kurang seru lah kalau hanya beli di toko buah. Mendingan petik langsung aja. Salah satu tempat wisata petik Apel yang murah di daerah Batu, Malang adalah di Agro Rakyat. Di sini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 kita bisa makan Apel sepuasnya.

Setiap kilogram Apel yang kita bawa pulang, dikenakan harga Rp.20.000/kg. Jenis Apel yang berhasil kami panen kemarin adalah Green Smith dan Rome Beauty. Kedua Apel ini cocok untuk dibuat jus karena memiliki kandungan air yang banyak dan rasa sedikit asam. Tak lupa selain memetik Apel, kami juga menikmati sajian jus Apel Berry, dibuat dari campuran Apel dan Strawberry. Rasanya manis segar.

Buat kedua bocahku ini lumayan seru, karena mereka bisa melihat pohon Apel dari dekat, memanjat pohonnya, memetik buahnya dan menikmati langsung Apel segar yang baru dipanen. Petualangan seperti ini tidak mungkin kami dapatkan di Surabaya yang berhawa panas. Bahkan mereka sendiri yang bertanya kepada para petani Apel di sana tentang jenis Apel, apa bedanya, kenapa ada jenis Apel yang warna merah dan warna hijau, dan sejenisnya. Dari petualangan semacam ini, pelajaran berharga tidak akan mereka lupakan.

Jatim Park 3: Dino Park + The Legend Star

Setelah puas memetik Apel dan menikmati buah segar dan jusnya langsung, kami turun ke Jatim Park 3. Di Jatim Park 3 ada banyak sekali wahana yang tidak mungkin di eksplor dalam satu hari. Makanya, kami memilih untuk menginap dan sekalian cari-cari rekomendasi terbaik di sekeliling kami yang bisa mudah dicari di Agoda. Hari itu kami memilih paket terusan Dino Park dan The Legend Star. Harga tiket masuk paket tersebut di hari kerja adalah Rp140.000,-

Review Dino Park

Di Dino Park anak-anak belajar tentang jenis-jenis Dinosaurus, ciri-ciri, cara perkembang biakan, hingga sejarah kepunahannya. Dino Park dibagi ke dalam beberapa wahana, di antaranya museum Dino, Dino action, Ice Age, istana boneka, Jelajah 5 Zaman, dan The Rimba. Yang lebih menyenangkan, semua materi edukasi tersebut disampaikan menggunakan media yang interaktif.

Di museum Dino anak-anak antusias memegang dan scanning berbagai jenis Dino, melihat toples-toples berisi berbagai macam replika fosil. Di Jelajah 5 zaman kami diajak berkeliling museum menggunakan kereta listrik sambil melihat kehidupan Dino di setiap zaman yang terus berubah. Di Dino action, anak-anak diajak naik kapal berkeliling melihat cerita tentang profesor gila yang mengadakan penelitian membuat kloning Dino. Ada yang berhasil dan ada yang gagal. Di akhir sesi dalam petualangan kapal tersebut kami diberi kejutan tiba-tiba kapal berseluncur turun seperti roller coaster.

wahana di dino park

Berbeda dengan Dino Park, di The Legend Star kami diajak berkenalan dengan tokoh-tokoh legenda kelas dunia. Mulai dari pemimpin negara, tokoh pembuat perubahan, atlet, artis, hingga bintang film. Di The Legend Star tak sekedar patungnya, bahkan replika ruangan tempat mereka beraktivitas pun ada. Kami bisa melihat dalamnya istana negara itu seperti apa, white house, bahkan merasakan duduk di replika singgasana Pangeran William dan Kate Middleton.

Melihat ada banyak tokoh-tokoh yang mereka kenal, anak-anak sudah berlarian di luar kendali. Mereka antusias menyebutkan nama-nama tokoh yang mereka kenal dan merasa bangga ketika berhasil menyebutkannya dengan benar. Bahkan tak jarang mereka minta difoto seolah-olah sedang beraktivitas bersama tokoh-tokoh terkenal tersebut. Ketika berhasil foto dengan patung Presiden Eyang Habibie, mereka langsung mengirimkannya ke Uti dan Kakung. Mereka hafal kalau Eyang Habibie adalah salah satu tokoh favorit Uti dan Akungnya.

Penawaran Terbaik di Agoda

Kalau kalian ada yang penasaran kenapa sih harus memilih Agoda? Kenapa kok gak datang langsung, bayar dan booking langsung aja? Sebenarnya ada banyak alasannya. Tapi baiklah, mari kita kupas satu per satu.

Pertama, buat aku Agoda itu sudah semacam one stop shop untuk perjalanan – dengan semua yang aku butuhkan. Aku bisa cari jenis paket yang cocok untuk umur anakku atau orang tua atau mertua yang kadang ikut, bahkan bisa juga cari berdasarkan preferensi anggaran. Agoda menyediakan semuanya dengan cara booking yang lebih mudah.

Kedua, karena Agoda memiliki paket bundle deals yang terbaik untuk group booking penerbangan, akomodasi, dan aktivitas, di dalam satu platform. Misal nih kalian mau rame-rame booking paket perjalanan sama teman atau geng arisan, kalau pakai Agoda, bisa banget dapat diskon tambahan. Trus, gak perlu ribet booking satu per satu, misal vilanya dulu, travelnya dulu, HTM masuk wahana, gak perlu yang begitu. Ribet. Kamu bisa langsung cari paket perjalanan misal untuk keluarga besar, di paket itu kalian sudah dapat pilihan villa atau resort, disediakan travel penjemputan dari villa ke lokasi wahana liburan, sampai guide pun sudah jadi satu. Jadi gak perlu tuh ribet perintilan-perintilan booking satu per satu.

Gimana sih biar bisa dapat rate bundle?

Coba kalian download Agoda dan cari fitur shopping cart. Di fitur ini kita bisa melakukan booking beberapa properti sekaligus dan menambahkannya ke keranjang belanja (cart) sebelum checkout guna mendapatkan rate bundle. Caranya sama persis kayak kalian belanja di e-commerce itu. Kalau sudah puas masuk-masukin ke shopping cart, baru di check out dan transfer. Sama kan kayak belanja online?

Jadi, siapa nih yang mupeng mau menginap di The Onsen Hot Spring Resort? Nih, aku kasih linknya buat kalian masukin ke shopping cart. Klik di sini ya -> The Onsen Hot Spring Resort. Masukin aja sekalian sama paket liburan yang lain yang ingin kalian pakai. Setelah semua terkumpul di keranjang, baru di check out biar dapat paket bundle.

Jadi sudah ada rencana mau ke mana liburan nanti? Untuk petualangan hari kedua, tunggu besok aku upload ya!



Related Posts :

14 Comments :

  1. mba wiid.. aku bookmark dulu niih, semoga bisa eksekusi di musim liburan sekolah nanti.. seru banget petualangan ki-ka… Onsen hot spring resortnya.. wuii serasa beneran di Jepang yaa


  2. Onsen Hot Spring ini keren banget ya Mbak, berasa kayak di jepang. Keren banget tips cari diskonannya, mau coba juga ah tipsnya nanti.


  3. Keren banget setiap kamarnya dilengkapi dengan pemandian air panas. Terimakasih infonya kebetulan saya belum pernah ke Malang. Bisa jadi referensi nih.


  4. Wah, seru banget nih. Semoga kapan-kapan bisa mengikuti jejak Kakak liburan ke sana. Hehe.


  5. masyaallah cantik banget kak, pengen banget ke sana nikmatin keindahannya, bisa petik buah apel lagi secara langsung, viewnya hijau banget biki seger mata deh


  6. Itung2 latihan sebelum ke Jepang beneran yaakk.
    Anakku jg suka serba Jejepangan.
    Boljug nih klo.diajak nginep d mariiii.
    Pakai Agoda beneran cuannn bgt ya


  7. Ya Allah seru banget ini di kota batu Malang. Save semoga bisa kesana. Apalagi ada kemudahan dari Agoda. Keren


  8. Menarik, nih, onsen hotel nya. Benar-benar mirip yang di Jepang. Pengen ke sana juga deh


  9. Seru banget ke Batu dan Malang. Belum kesampaian juga hiks. Ternyata masih banyak wisata termasuk wisata alam selain ke Jatim Park kalau ke Malang dan Batu


  10. Wah, saya pun langganan Agoda Mbak untuk urusan booking-booking hotel. Btw, the onsen hot spring resort ini seru banget ya Mbak. Penampakannya kok mirip rumah-rumah Jepang. Bisa berendam sambil bersantai bareng keluarga. Batu ini memang banyak banget ya tempat wisatanya. Rasanya harus seminggu di sana baru bisa puas menjelajah.


  11. Masyaa Allah. Itu pegunungan, undakan sawah, pohon-pohon hijau menggoda banget untuk dikunjungi. Semoga Insyaa Allah aku sekeluarga bisa ke Batu Malang.


  12. Wah…aku tertarik sekali nih dengan review Agoda paket bundle deals. Rasanya nyaman banget dengan bundling wisata yang dilakukan sehingga dari mulai menginap hingga tujuannya jelas dan gak perlu rempong bebayaran bla bla bla.. Karena semuanya sudah incl.
    Enaknya, harganya jadi super terjangkau ya..
    Nginep di The Onsen Hot Spring Resort sangat berkesan ya… Tanpa VISA dan pasport uda dapet suasana Jepang nyaa..


  13. Batu ini dingin nggak sih Mba? Oh iya, seru banget bisa staycation di Onsen Hot Spring Resort. Melihat dari bagian depan sepertinya ada nuansa Jepangnya. Memang benar ternyata dalemnya juga. Seneng banget bisa jalan-jalan bareng anak ke Jatim Park dan petik apel


  14. rasanya gak ada habisnya wisata di batu. aku awal tahun kemaren baru ke jatimpark 3 bareng sama ponakan jadi keinget serunya muter muter gandeng ponakan sampek pegel semua badan hehehe tapi seru dan happy kalau liburan bareng keluarga ya


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
Invalid Data