Cara Praktis Memilih Asuransi

Suatu hari saya di telepon seorang teman yang istrinya mendadak pingsan di rumah. Karena dia sedang ada di luar kota dan hanya ada ART di rumahnya, maka ia meminta saya untuk mengantarkan istrinya ke rumah sakit dan mengurus segala macam administrasinya. Ia memberitahukan dengan detail letak surat-surat, dokumen rekam medis, hingga ATM lengkap dengan pin yang harus saya bawa ke rumah sakit.

Si istri memang memiliki riwayat sakit yang setiap saat bisa kambuh dan mendadak pingsan. Karena itu ia sudah menyiapkan tumpukan dokumen untuk dibawa ke rumah sakit ke dalam satu tas. Jika ada keadaan darurat, maka tas tersebut tinggal dibawa. Bahkan lembar fotokopi dari dokumen-dokumen tersebut pun sudah ia siapkan di dalam tas.

Lembar-lembar fotokopi tersebut dibutuhkan untuk kebutuhan klaim premi asuransi kesehatan. Teman saya memiliki beberapa jenis asuransi. Bukan hanya asuransi kesehatan, tetapi juga asuransi jiwa bahkan asuransi untuk rumah yang ditempati dan mobil yang ia gunakan setiap hari. Bahkan khusus asuransi kesehatan pun, ia memiliki lebih dari satu macam.

Menurutnya fitur-fitur yang dimiliki dari masing-masing perusahaan asuransi itu tidak sama. Karena itu ia memiliki beberapa asuransi kesehatan dari perusahaan yang berbeda. Saking banyaknya kartu asuransi yang ia miliki, saya sampai menjulukinya kolektor asuransi. Ditambah lagi riwayat sakit yang dimiliki istrinya, maka lengkap sudah alasan baginya dalam hal pemenuhan kebutuhan asuransi tersebut.

Sebenarnya wajar kalau setiap asuransi kesehatan memiliki fitur keunggulan yang berbeda. Sama seperti mencari pacar, selera setiap orang tidak sama. Kalau ada kelebihan ya pasti ada kekurangannya. Tinggal mempertimbangkan hati saja, mau fokus mencari yang seperti apa, sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Kalau mau cari pacar yang cantik, ya harus siap kalau dandannya lama. Kalau mau cari pacar yang cerdas, ya harus siap kalau akan lebih sering beradu argumen.

Demikian juga dengan asuransi kesehatan, mau yang dana talangannya besar atau mau yang paket all risk, tinggal siapkan saja biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulan. Yang penting sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Kamu mau yang mana? Sudah punya asuransi?

Asuransi sudah menjadi bagian dari kebutuhan utama sebuah keluarga. Sama seperti menyiapkan payung atau jas hujan ketika musim hujan tiba. Kira-kira siapa yang masih belum punya payung atau jas hujan di rumahnya? Rasanya setiap rumah pasti punya kan? Asuransi sebagai alat perlindungan ketika terjadi keadaan darurat yang tidak bisa diduga, menjadi penyelamat agar tidak basah kuyup. Atau adakah jaminan yang keluarganya tidak akan mungkin terjadi hal-hal darurat? Untuk meminimalkan resiko dari keadaan darurat yang setiap saat bisa terjadi inilah dibutuhkan adanya asuransi.

Lantas mau pilih asuransi apa? Sekarang setiap provider menawarkan asuransi yang bahasanya kadang bikin puyeng. Iya gak sih? Setiap provider asuransi mengatakan produknya yang paling bagus. Iyalah, pastinya tidak ada kecap yang nomor dua. Semuanya tidak akan mengatakan kekurangan masing-masing produknya. Tergantung kita saja jeli membandingkan antara satu produk dengan produk yang lainnya.

Ribet gak sih? Mengumpulkan informasi lengkap tentang satu produk asuransi itu butuh usaha dan waktu ya? Belum lagi mendengarkan agen asuransi yang kadang ngomongnya berbelit-belit. Bukannya memberi pencerahan tetapi malah makin bikin bingung. Ada yang mengalami hal serupa?

Nah untuk mengurangi tingkat pusing yang berlebihan karena membandingkan satu produk asuransi dengan produk asuransi yang lain, mungkin kamu bisa mulai dengan pergi ke supermarket. Biasanya kalau di supermarket kan selalu ada banyak merk dari satu macam produk kan? Tinggal dicermati dan dicek dari beberapa merk tersebut untuk dibandingkan. Demikian juga dengan produk asuransi. Kalau mau membandingkan produk asuransi, ya pergi saja ke supermarket asuransi.

Memang ada ya? Ada dong!

Supermarket khusus asuransi itu namanya FUTUREADY. Futuready adalah supermarket khusus asuransi yang sudah berlisensi OJK, di mana kita bisa membandingkan dan membeli asuransi tanpa ribet. Di sini bukan hanya ada asuransi kesehatan, namun juga ada asuransi jiwa, asuransi perjalanan hingga asuransi mobil. Provider asuransi yang tersedia di Futuready ada banyak, mulai dari AXA, ACA, Simas, Adira, MNC dan masih banyak lagi.

Jadi Futuready ini tidak membuat produk asuransi sendiri. Futuready murni hanya sebagai supermarket yang membantu dan memudahkan dalam membeli, bahkan hingga mengurus klaim asuransi. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat jika membeli asuransi melalui Futuready:

  1. Mudah. Karena ada banyak provider asuransi, maka kita mudah membandingkan antara satu asuransi dengan asuransi yang lain. Kita tidak perlu mengumpulkan brosur asuransi bertumpuk-tumpuk atau mendengarkan penjelasan panjang lebar yang kadang kita gak paham apa intinya.
  2. Praktis. Selain bisa membandingkan banyak produk asuransi, kita juga bisa sekalian membelinya di sini. Bahkan jika membutuhkan klaim pun, semuanya bisa kita kendalikan dari satu tangan kita.
  3. Sesuai. Kita bisa memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan. Karena banyaknya provider dan macam asuransi yang tersedia, memungkinkan kita memilih dan membandingkan tanpa perlu diburu-buru untuk membeli.
  4. Aman. Tentu saja karena Futuready sudah memiliki lisensi dari OJK sebagai supermarket asuransi yang resmi terdaftar di Indonesia.

Jangan khawatir ribet, di Futuready kita bisa membeli asuransi secara langsung dengan sistem online, tanpa di survey sehingga polis otomatis disetujui. Gak ribet kan? Padahal biasanya kalau kita mau mengajukan polis kesehatan akan melewati serangkaian tes kesehatan segala macam. Kalau di Futuready, polis-nya juga langsung aktif, jadi bisa langsung digunakan. Proses klaimnya juga mudah, bisa dilakukan secara online. Jadi gak perlu khawatir membawa fotokopi dokumen segambreng. Pembayaran preminya pun juga mudah, bisa melalui kartu kredit, ATM atau minimarket terdekat.

Itulah kenapa kita pantas bersyukur bisa merasakan segala kemudahan teknologi masa kini. Kalau dulu harus punya dokumen segambreng dan siap wara-wiri mengurus ini itu hanya demi klaim asuransi, sekarang tidak lagi. Semua paperless, online, dan bisa dilakukan dari rumah dengan memakai baju daster kesayangan. Piye? Enak jaman kita kan? Dengan Futuready, semoga gak lagi galau ya!


9 Comments :

  1. Asyik ya, kemajuan teknologi mempermudah yang ribet 👍👍


  2. Wahh baru tahu asuransi ada supermarket nya juga yah, kereen


  3. Sejak teknologi informasi semakin canggih, semua keperluan lebih mudah didapatkan. Salah satunya tentu Asuransi ini


  4. Sepertinya menarik neh, bisa mencoba mendaftar


  5. Wah keren. Ada ya supermarket asuransi kek gini. Besok saya gali info lebih dalam ah, kali aja bermanfaat buat keluarga. Makasih mbak infonya 😎


  6. Wah keren ya. Baru tahu ada supermarket asuransi kek gini. Besok gali info ah, siapa tahu bermanfaat buat keluarga. Makasih mbak sharingnya.


  7. Teknologi bikin hidup lebih mudah


  8. Enak ya di Futuready bisa membandingkan tiap kompetitor, mana yang kirannya cocok sama kebutuhan kita. Banyak pilihan, jadi lebih mantep.


  9. Alhamdulillah, saya memilih investasi dan menabung untuk masa depan..

    Semoga Allah berikan kita masa depan cerah 😊


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
Invalid Data