Buah Yang Cocok Dikonsumsi Saat Puasa


Bulan puasa sudah di depan mata. Persiapan apa yang sudah dilakukan oleh squad ibu-ibu ya? Stok bahan makanan? Berburu jadwal menu buka puasa, sahur atau takjil-takjil yang bikin liur menetes? Atau persiapan fisik dan mental saja?

Berhubung bulan puasa itu saat yang tepat untuk mengumpulkan amal sebanyak-banyaknya, maka mari kita berbagi tentang buah-buahan yang cocok dikonsumsi di saat puasa. Buah-buahan tersebut mengandung vitamin yang bisa membantu kita menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tetap segar. Sudah pada tahu kan kalau buah-buahan itu macamnya buaaanyak sekali. Tapi tahukah kalian kalau beberapa macam buah sangat oke untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa atau makan sahur?

Berikut beberapa macam buah yang cocok dikonsumi saat bulan puasa:

  • PISANG

Pisang adalah buah yang paling cocok dikonsumsi ketika makan sahur, karena pisang memiliki kandungan kalium tinggi yang membantu menjaga kesegaran tubuh selama puasa. Kandungan vitamin dalam Pisang juga dapat mengurangi asam lambung. Untuk yang memiliki sakit maag, mengkonsumsi pisang dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan selama menjalankan ibadah puasa.

  • NANAS

Nanas memiliki zat yang bernama astringent yang membantu menjaga kesehatan mulut. Sudah jamak terjadi kan kalau selama bulan puasa mulut kita sering bau naga, atau bau tidak sedap. Naaaah… untuk mengurangi bau naga tersebut dan menjaga kesehatan mulut, bisa dijadwalkan untuk menambahkan buah Nanas sebagai sajian pada saat berbuka puasa.

  • PEPAYA

Ada yang sering bermasalah dengan buang air besar selama menjalankan ibadah puasa? Jika demikian, mungkin bisa mencoba untuk memperbanyak konsumsi buah Pepaya ketika berbuka puasa. Kandungan serat yang tinggi yang terdapat dalam buah papaya, membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Serat ini juga yang membuat masalah buang air besar bukan lagi kendala yang besar. Apalagi Pepaya termasuk buah lokal yang harganya terjangkau. Pas banget buat persiapan puasa ya?

  • JERUK

Kandungan vitamin C pada Jeruk adalah salah satu yang tertinggi diantara buah-buah yang lain. Vitamin C membantu kita menyerap zat besi yang masuk dari makanan lain. Zat besi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga imunitas dari berbagai macam virus. Hal tersebut membuat Jeruk menjadi salah satu buah yang paling penting untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Jika ingin ibadah puasa lancar dengan tubuh yang bugar, maka Jeruk menjadi pilihan yang cocok selama berbuka atau sahur. Penyajiannya pun bisa bermacam-macam, mulai dari dikonsumsi biasa dengan dikupas saja, atau mau dibuat aneka minuman seperti jus, es, atau sajian bersama makanan yang lain.

  • JAMBU KRISTAL

Sebagai kaum ibu, selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada dispensasi jam kerja sama sekali ya? Kesibukan dan aktivitas tidak serta merta berhenti begitu saja. Pekerjaan rumah tidak tiba-tiba menghilang selama bulan puasa. Cucian tetap segunung, setrikaan masih sebanyak butir pasir di pantai, mainan yang berserakan tetap menyerupai serpihan kapal yang kena badai, demikian juga tugas sapu, pel dan beberes hal-hal yang lain. Luar biasanya, seorang ibu tetap bisa menjalankan ibadah puasa juga sambil momong para bocah. Ada yang pernah merasa lemes dan mudah ngantuk gak? Rasa mudah ngantuk dan lemas selama puasa itu bisa jadi karena aliran darah ke otak kurang lancar.

Jambu Kristal mengandung B3 (Niacin) yang dapat membantu memperlancar aliran darah ke otak. Apabila aliran darah ke otak lancar, maka akan lebih mudah fokus dan konsentrasi. Untuk yang bekerja selama bulan puasa cocok juga nih. Jadi kerjaan dan tugas kantor masih aman terkendali meski tengah puasa ya?

 

MEMILIH BUAH YANG AMAN UNTUK DIKONSUMSI

Biasanya pada saat puasa dan menjelang hari raya lebaran BPPOM rajin mengadakan razia makanan berbahaya. Ternyata persediaan makanan berbahaya yang dijual di pasar atau supermarket cukup banyak. Terbukti setiap kali razia, banyak sekali yang harus dibersihkan dari rak pajang. Ngeri ya? Bahkan bahan makanan alami seperti sayur, buah dan ikan juga ternyata tak luput dari kandungan berbahaya seperti formalin atau pewarna dan perasa buatan.

Lantas bagaimana memilih buah yang aman untuk dikonsumsi?

Karena saya males ribet dan mau yang pasti-pasti saja, untuk buah pun saya pilih yang sudah pasti ahli, seperti SUNPRIDE. Kalau kualitas dan mutunya terjamin, maka meminimalkan rasa was-was dan deg-deg’an. Sejak dulu percaya banget kalau SUNPRIDE aman dan terjamin mutu serta kualitasnya.

SUNPRIDE adalah buah yang dipanen dari kebun milik PT. SEWU SEGAR NUSANTARA dan didistribusikan hingga ke luar negeri. Kalau selama ini ada menganggap bahwa SUNPRIDE adalah merk buah import, ternyata bukan lho… SUNPRIDE asli dari Indonesia. Memang beberapa buah milik SUNPRIDE ada yang diimport dari luar negeri, namun SUNPRIDE memiliki kebun yang sangat luas di beberapa tempat di Indonesia. Salah satu kebunnya ada di Lampung di bawah pengasuhan PT. Nusantara Tropical Farm.

Nah untuk membuktikan tingkat keamanan buah SUNPRIDE, PT Nusantara Tropical Farm sudah memperolah sertifikat GLOBAL G.A.P untuk perkebunan pisang, jambu Kristal dan Nanas. Pertama dengar saya masih bengong, apa itu GLOBAL GAP. Ternyata Global GAP adalah kependekan dari Global Good Agricultural Practice, yaitu sistem sertifikasi yang diberikan untuk produk seperti hasil panen, peternakan, perkebunan maupun hasil budidaya air.

Untuk mendapatkan sertifikasi GLOBAL GAP ini tidak mudah ternyata, karena kebun SUNPRIDE harus dicek dan dipastikan bebas dari bahan-bahan bahaya fisik, kimia dan biologi. Bahan bahaya fisik itu seperti makanan yang ada benda asing (rambut, kerikil, atau benda asing lainnya yang tidak seharusnya ada). Sedangkan bahaya kimia antara lain pencemaran logam berat, pestisida, residu maupun bahan pengawet seperti formalin. Sedangkan Bahaya Biologi contohnya seperti lalat, ulat atau bakteri yang merusak produk.

Bukan hanya sekedar FOOD SAFETY yang diutamakan, untuk mendapatkan sertifikat GLOBAL GAP juga harus dipastikan ECO FRIENDLY atau ramah lingkungan. Perkebunan SUNPRIDE setiap tahunnya hanya menghasilkan limbah 5% hingga zero limbah. Ini berarti pengelolaan produk dan limbahnya berkelanjutan, sehingga nyaris zero limbah. Seperti limbah dari tanaman pisang bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis produk lain seperti pakan ternak, pupuk hingga nyaris zero limbah.

Ternyata SUNPRIDE adalah satu-satunya yang memperoleh sertifikat GLOBAL GAP untuk perkebunan Nanas, Pisang dan Jambu biji. Maka tak heran jika untuk 3 jenis buah tersebut SUNPRIDE mampu menembus pasar JEPANG. Sudah rahasia umum bukan kalau ekspor makanan ke Jepang itu susah dan ketat sekali aturannya. Lega kan kalau pasar Jepang saja memberikan lampu hijau untuk produk-produk SUNPRIDE. Itu berarti buah-buahan dari SUNPRIDE benar-benar terjaga standard mutu, keamanan dan kualitas produknya.

Masih ragu?

Kamu bisa search GGN Number Sunpride yang biasa tertera pada kardus SUNPRIDE, yaitu terdaftar untuk GGN number: 4056186911537. Database bisa di search di website database Global GAP. Sudah percaya kan kalau informasi ini valid dan tidak hoax? Sekarang mari saatnya banyak-banyak makan buah berkualitas, demi kesehatan yang berkualitas juga. Selamat menjalankan ibadah puasa!


3 Comments :

  1. Wis gak raguuuu mbak, wis mantaap sahur dan buka ditemani Sunpride.. Thanks sharingnya yaa…


  2. Aku suka semuanyaaa.. kecuali nanas. masih suka takut gatel langit2 mulut.
    Tapi jujur sajaa, kupenasaran sama nanasnya sunpride.. apakah kuharus mencobanya di rumahmu? HAHAHAHA


  3. tambahin dong, Buah kesemek. bagus tuh buat berbuka puasa. rasanya kaya buah sawo.


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
Invalid Data