Sisternet, Kelas Gratis Agar Perempuan Melek Teknologi

Sisternet, Kelas Gratis Agar Perempuan Melek Teknologi

Perempuan adalah sekolah pertama, maka perempuan harus cerdas. Setuju, bukan? Perempuan yang kelak menjadi ibu, tentu menjadi orang pertama yang akan mengajari anak-anaknya tentang banyak hal. Itu kenapa, sebagai seorang ibu, perempuan harus cerdas. Termasuk dalam perkembangan dunia teknologi. Perempuan seharusnya juga ikut melek dan tidak gaptek.

Namun sayangnya, banyak perempuan yang belum tersentuh dengan perkembangan teknologi tersebut. Bisa jadi karena kurangnya akses teknologi di sekitarnya, bisa juga karena stigma yang masih menganggap bahwa teknologi adalah dominasi kaum lelaki.

Padahal, seiring perkembangan zaman, teknologi bukan hanya milik kaum atau golongan tertentu. Teknologi akan menjadi bagian dari setiap kehidupan. Bahkan teknologi bisa digunakan untuk mempermudah banyak kegiatan perempuan. Miris ketika populasi perempuan lebih banyak, tetapi justru pengguna internet banyak didominasi oleh laki-laki. Sudah saatnya perempuan tak lagi gagap informasi dan teknologi.

Untuk itulah PT. XL Axiata, Tbk bersama Kementerian Teknologi dan Informasi (Kominfo) menginisiasi wahana belajar “Pojok Pintar Sisternet”. Wahana ini dapat digunakan oleh perempuan untuk belajar, berbagi dan memperluas wawasan mengenai banyak hal terkait pemberdayaan perempuan dan peningkatan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan teknologi.

Di pojok pintar sisternet ini, perempuan bisa belajar kewirausahaan, pengasuhan, fotografi, dan banyak hal lain terkait peningkatan pemberdayaan perempuan untuk menaikkan taraf sosial dan ekonomi. Pojok pintar sisternet ini setiap bulannya ada kelas “Sister Berbicara” yang dibawakan oleh para ahli terkait bidangnya. Kelas tersebut terbuka untuk semua perempuan dari masyarakat umum tanpa dipungut biaya.

Untuk menjadi peserta, perempuan hanya perlu mendaftar di www.sisternet.co.id/login. Aktivitas di pojok pintar tersebut sudah bisa diakses sejak 4 Maret 2019. Sejak diluncurkan 4 tahun lalu, sudah ada 100 kelas gratis yang diikuti oleh lebih dari 10 ribu perempuan di Indonesia.

Sekjen Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti berharap melalui Pojok Pintar, perempuan bisa saling belajar memilih dan memilah informasi. Sekaligus mencegah penyebaran hoaks dan berita bohong. Perempuan bisa belajar menjadi cerdas dan melek teknologi dengan cara saring sebelum sharing.

Sudah menjadi rahasia umum kalau penyebaran berita bohong cukup massif dan banyak menjerat kaum perempuan hingga terlilit kasus hukum. Untuk itu perempuan wajib menjadi cerdas dalam memanfaatkan teknologi. Ditambah lagi jaringan data yang semakin luas hingga ke pelosok daerah, memungkinkan perempuan untuk setara dalam mengakses sumber-sumber edukasi untuk peningkatan taraf ekonomi.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menyatakan bahwa wahana belajar pojok pintar sisternet menjadi sarana yang nyata bagi kaum perempuan untuk belajar banyak hal, memanfaatkan perkembangan teknologi demi meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Nantinya kelas-kelas belajar tesebut akan menghampiri banyak daerah agar perempuan-perempuan di pelosok daerah juga bisa ikut belajar dan memanfaatkan teknologi. Saat ini sisternet memiliki kurang lebih 14 ribu member yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Agar lebih maksimal, program Sisternet aktif menjalin kerjasama dengan sejumlah kementerian. Kementerian pun dapat memanfaatkan sisternet untuk menyebarkan berbagai informasi dan program pemerintah dalam menjangkau perempuan hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Semakin banyak kerja sama terjalin, harapannya perempuan Indonesia menjadi perempuan yang cerdas digital. Hingga sat ini kerjasama tersebut dilaksanakan diantaranya dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Tenaga Kerja serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Nah, dengan demikian sudah tidak ada alasan bagi perempuan menjadi gagap teknologi bukan? Informasi terkait dengan program Pojok Pintar dan Sisternet bisa kita dapatkan melalui Instagram @Sisternetid @kemenkominfo atau ke website sisternet. Yuuk cusss, menjadi perempuan cerdas yang melek teknologi! Demi keluarga sejahtera dong. Selamat belajar!


18 Comments :

  1. Kalo ada kegiatan offline nya kayaknya seru nih..

    1. Doakan saja semoga makin banyak dan merata bisa dilakukan di banyak daerah ya kak.


  2. Seru banget mbak acaranya, kita sebagai perempuan harus melek teknologi. No more gaptek ya.

    1. Iya mbak, keren ya acaranya. Semoga makin banyak acara serupa ya…


  3. Wanita juga perlu melek teknologi, Keren
    salam,
    kidalnarsis.com

    1. betul! perempuan juga wajib melek teknologi.


  4. Eno

    Setuju, perempuan mesti cerdas.. Yang selama ini bikin aku prihatin adalah sebagian perempuan lebih suka terlibat “wars” yang nggak penting dan cenderung ngebully pihak lain 🙁

    1. Nah, sesama perempuan aja war nya ngeri ya. Padahal senasib sependeritaan lho ya. Tapi kalau sudah saling bully mengerikan.


  5. wah, ini bermanfaat banget

    1. banget kak! Terutama buat perempuan.


  6. Wah keren ya programnya..
    Smg smakin banyak perempuan yg melek teknologi

    1. aamiiin… semakin merata ke seluruh Indonesia.


  7. Menarik juga yah programnya. Emansipasi wanita di bidang internet edukasi

    1. Perempuan pun wajib cerdas literasi ya, kak? semoga makin banyak yang mendapat edukasi serupa ya….


  8. keren banget acaranya’semoga bermanfaat ya

    1. semoga makin banyak acara serupa sebagai sarana edukasi tersebar merata ke seluruh wilayah


  9. Semoga perempuan-perempuam Indonesia makin melek teknologi informasi supaya penyebaran konten Hoak terbendung

    1. Amiin. Apalagi penyebaran hoak ini gila banget ya di w.a atau facebook.


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
Invalid Data