Pentingnya Tidur Nyenyak & Berkualitas

PENTINGNYA TIDUR NYENYAK DAN BERKUALITAS – Dulu saya pernah cerita kalau tingkat kewarasan yang saya miliki sangat bergantung dengan jumlah jam tidur. Semakin saya kurang tidur, rasanya jadi cepat marah, cepat keluar tanduk. Akibatnya sangat tidak kondusif ketika harus menemani dua bocah saya bermain. Saya jadi gampang uring-uringan.

Curhatan tersebut ternyata bukan hanya sekedar mitos. Tidur ternyata bukan hanya sekedar untuk mengistirahatkan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Di acara HEALTHY SLEEP FAMILY CARNIVAL dari PT. Duta Abadi Primantara di Pakuwon Mall hari minggu kemarin, dikupas tuntas tentang manfaat tidur untuk anak dan seperti apa tidur yang sehat itu. Menghadirkan psikolog anak dan artis Choky Sitohang, acara berlangsung seru dan sarat ilmu.

         Baca juga: Tingkat Kewarasan Dan Jam Tidur

Menurut Yessica Dewi, S.Psi, M.Psi, psikolog anak, tidur yang sehat terbagi ke dalam beberapa fase, diantaranya fase NREM (Non Rapid Eye Movement) dan REM (Rapid Eye Movement). Dalam tahap NREM, tidur berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh dan mengoptimalkan kerja organ dalam. Tahap ini pertumbuhan fisik secara optimal dapat tercapai dan membantu tubuh dalam memperbaiki metabolismenya. Tahap REM ini kondisi tubuh menjadi rileks.

Pada tahapan REM adalah tahapan lanjut dalam fase tidur. Tidur yang mencapai fase REM adalah tahapan tidur deep sleep. Dalam tahap ini, tidur bermanfaat bukan hanya sekedar beristirahat, namun juga menjaga kesehatan mental. Pada fase ini meski otot mata aktif bergerak, namun otak “melumpuhkan” otot sehingga anggota tubuh lain tidak ikut bergerak.

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan kesehatan mental, tidur juga bermanfaat untuk menghindari stress dan meningkatkan produktivitas. Karena itu tidur yang nyenyak dan nyaman sangat dibutuhkan seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak. Ketika fase tidur ini terganggu, dan anak mudah terbangun, maka untuk mencapai fase REM harus diulang dari awal lagi. Itulah sebabnya Ibu Yessica menganjurkan untuk benar-benar memperhitungkan jumlah jam tidur anak agar pertumbuhannya juga optimal.

Untuk mendapatkan waktu tidur yang optimal bagi anak-anak, dibutuhkan beberapa persiapan, diantaranya:

  1. Ruangan tidur yang nyaman dan sehat dengan memperhitungkan faktor cahaya dan sirkulasi udara. Ruangan yang terlalu lembab dapat mengganggu kesehatan anak.
  2. Rutinitas sebelum tidur. Untuk membantu anak mau tidur tepat waktu, dibutuhkan rutinitas sebelum tidur. 1 jam sebelum tidur, sebaiknya kurangi aktivitas fisik anak. Ajak mereka untuk cuci tangan dan kaki, gosok gigi dan memakai baju piyama. Apabila anak belum terlalu mengantuk, lakukan kegiatan yang tidak membutuhkan gerak fisik, seperti membaca, bermain puzzle, atau bercerita. Dengan rutinitas, maka orang tua dapat dengan mudah mengontrol jam tidur anak.
  3. Tempat tidur yang sesuai. Cari tempat tidur yang sesuai usia anak. Untuk anak balita pastikan tempat tidur yang digunakan memiliki pengaman pada sisi-sisinya. Gunakan matras yang lembut dan nyaman untuk menjaga anak agar nyaman saat tidur. Matras yang terlalu keras dan kain yang panas dapat mengganggu tidur dan mengurangi kenyamanan anak, sehingga mudah terbangun. Jangan terlalu banyak barang di atas tempat tidur, agar anak lebih leluasa tidur. Pilih kain selimut dan alas tidur yang lembut dan nyaman. Jaga kebersihan tempat tidur.

Apabila anak-anak dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak, maka ketika bangun anak-anak akan merasa lebih segar dan bersemangat. Ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan fokus dan prestasi anak. Tahukan seperti apa rasanya ketika kurang tidur? Produktivitas menurun, dan fokus terhadap pekerjaan juga terganggu. Jika terjadi pada anak-anak, tentu membuat proses belajar nya terganggu.

Ternyata signifikan sekali ya dampaknya kurang tidur terhadap kehidupan sehari-hari. Karena itu memilih tempat tidur itu penting banget. Bisa jadi kamu memilih tempat tidur hanya untuk sekali seumur hidup. Karena itu pilih dengan benar dan pertimbangkan banyak hal. Bapak Mukti menyarankan, sebelum membeli tempat tidur sebaiknya dicoba tidur langsung di atas matras atau tempat tidur. Hal ini bermanfaat untuk mencoba performa matras yang sebenarnya. Karena titik tumpu setiap orang ketika tidur berbeda-beda. Ada tipe back sleeper dan side sleeper. Titik tumpu orang yang cenderung senang tidur telentang atau telungkup, berbeda dengan orang yang senang tidur miring. Karena itu sangat disarankan untuk mencoba tidur di atas matras yang akan dibeli.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, PT. Duta Abadi Primantara mengeluarkan beberapa merk tempat tidur yang memiliki keunggulan berbeda-beda. Merk-merk tersebut antara lain:

  • KING KOIL, yang mengusung tagline “Value For Money” menghadirkan kualitas matras terbaik dari yang terbaik. Dengan desain klasik yang elegan, King Koil memberikan kenyamanan tidur bak raja.
  • SERTA, adalah matras nomor satu yang digunakan di banyak hotel di Eropa. Dengan tagline “Always Comfortable”, yang dibantu teknologi tinggi dalam proses pembuatan, membuat SERTA menjadi andalan banyak pelanggan.
  • FLORENCE, membawa tagline “Smart Choice For Happy Family” adalah pilihan paling ideal untuk keluarga. Dengan harga yang lebih terjangkau, FLORENCE mampu menghadirkan kenyamanan yang berkualitas tinggi. Dengan tempat tidur FLORENCE kita dapat memenuhi kebutuhan tidur yang yang berkualitas untuk anggota keluarga. Ini nih tempat tidur favoritenya Choky Sitohang.
  • TEMPUR memiliki material tempat tidur yang sangat nyaman. Terinspirasi dari tidurnya para astronot di luar angkasa, TEMPUR hadir memberikan kenyamanan serupa astronot. Dibantu dengan teknologi modern, keistimewaan tidur nyenyak dapat dimiliki para pelanggan TEMPUR.

Istimewanya, semua produk dari PT. Duta Abadi Primantara ini memiliki kantong tidur. Artinya meskipun kamu tidur di spring bed, orang di sebelah kamu goyang-goyang pun, goncangannya tidak akan kamu rasakan. Kamu masih akan tetap terlelap, meski anak yang dikekepin pecicilannya minta ampun. Sepertinya saya harus segera berganti merk matras. Sebab kualitas tidur seorang ibu sangat berpengaruh terhadap produktivitas dalam mengasuh anak-anaknya. Bener kan? Bener dong…

          Baca Juga: Tidur Nyenyak Itu Nikmat

Karena sepertiga waktu manusia dihabiskan di atas tempat tidur, maka jangan pernah main-main dalam memilih kualitas Kasur ya. Tidur itu bukan sekedar memejamkan mata. Tidur bukan kegiatan penutup hari, tetapi kegiatan yang menentukan kualitas hari berikutnya. Karena itu jaga tidurmu agar tetap sehat dan berkualitas. Selamat tidur nyenyak!



Related Posts :

No Comments :

Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
  • When we met, we talk about kids, we talk about projects and we talk about ourself.

Give us a huge hug and your best pray to strengthen us with our upcoming projects, because we've been through our up and down.

Hope you all have a wonderful days ahead!

#KeluargaBikinBikinDiTaman
  • By, it's 8th year wedding anniversary!
By, it has been 15 years together.
With 2 little girls and you, it has been amazing journey.
Let's row our boat further, further and further... Just never ever give up on us!

#KisahKepompong
#TheSetyadi
@vino.kirakara
  • Ingin tahu seperti apa sisi lain kehidupan remaja jaman digital?

Ingin tahu seperti apa pola pikir remaja saat ini?

Ingin tahu apa mimpi dan keinginan remaja jaman sekarang?

Mungkin film ini jawabannya. Mungkin tidak  mewakili semua remaja. Tapi setidaknya ada sisi dunia yang seperti ini.

Kita tak boleh menutup mata. Kita orang tua yang harus terus belajar mengerti dan mengikuti kehidupan jaman.

Just check this out, parents! *****
@Regranned from @mygenerationfilm -  IFI Sinema
MY GENERATION
Sutradara #Upi / @upirocks

Cerita film ini menggambarkan keadaan remaja di era saat ini lengkap dengan segala problematikanya. Jika di kebanyakan film mengangkat sisi orangtua mempertanyakan sikap/prilaku sang anak, maka di film ini justru kebalikannya, anak mempertanyakan sikap/prilaku orangtuanya.

Film My Generation,
November di Bioskop!

___
#AlexandraKosasie / @mbak.anda
/ #AryaVasco / @aryavasco
/ #BryanLangelo / @bryanlangelo
/ #Lutesha / @lutesha

#filmindonesia #filmnasional #film #indonesia - #regrann
  • I can't stop spoiling twin girls with books.

Kalau inget jaman saya kecil dulu, tiap ingin beli buku perjuangannya panjang, sekarang seperti ingin memuaskan diri beli buku apa yang saya mau.

Beruntung bapaknya gak pernah protes kalau uang belanjanya tiris untuk dipakai berburu buku di rak obral. Dia juga maklum aja ketika istrinya gondok berat dan ngomel panjang ketika tahu ada bukunya yang hilang. Bukan, bukan karena saya terlalu sayang sama buku. Tapi karena gemes, di luar sana banyak anak ingin punya buku, tapi di sini yang berlimpah buku bukannya bersyukur malah abai merawat buku. Itu tuh rasanya kayak bom siap meledak.

Jadi begitulah nduk, syukuri semua yang kamu miliki dengan merawatnya baik-baik. Siapa tahu kalau nanti teman-temanmu datang berkunjung, jangan disuguhi tablet atau ipad ya... Ajak baca buku, ajak main lego, ajak main engklek, ajak main bola, ajak main pasir. Itu jauuuh lebih membahagiakan emakmu.  Scene ini dipersembahkan oleh emak yang lagi beberes rak buku sambil curcol karena nemu banyak buku hilang dari raknya. Mau ngomel, rumah sudah sepi. Sigh! 😥

#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • She has wonderful eyes, hasn't she?
Can you guess who is she? 😜

#throwbackpic
#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • Kids hang out at hospital 😋. Kira & Kara nengok soulmate trio kwek kweknya yang lagi sakit.

Ya gitu deh ya bocah. Kalau sudah ketemu dan becanda, lupa sama sakitnya. Lupa sama jarum infusnya. Tetep aja pecicilan. Diajakin pulang manyun semua (as always). Speedy recovery ya, Affaaa... 🤗😘. @dodyabiarbaah @rizky.eriandani 
#KiraKara
#TheSetyadi 
#KisahKepompong