Pentingnya Tidur Nyenyak & Berkualitas

PENTINGNYA TIDUR NYENYAK DAN BERKUALITAS – Dulu saya pernah cerita kalau tingkat kewarasan yang saya miliki sangat bergantung dengan jumlah jam tidur. Semakin saya kurang tidur, rasanya jadi cepat marah, cepat keluar tanduk. Akibatnya sangat tidak kondusif ketika harus menemani dua bocah saya bermain. Saya jadi gampang uring-uringan.

Curhatan tersebut ternyata bukan hanya sekedar mitos. Tidur ternyata bukan hanya sekedar untuk mengistirahatkan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Di acara HEALTHY SLEEP FAMILY CARNIVAL dari PT. Duta Abadi Primantara di Pakuwon Mall hari minggu kemarin, dikupas tuntas tentang manfaat tidur untuk anak dan seperti apa tidur yang sehat itu. Menghadirkan psikolog anak dan artis Choky Sitohang, acara berlangsung seru dan sarat ilmu.

         Baca juga: Tingkat Kewarasan Dan Jam Tidur

Menurut Yessica Dewi, S.Psi, M.Psi, psikolog anak, tidur yang sehat terbagi ke dalam beberapa fase, diantaranya fase NREM (Non Rapid Eye Movement) dan REM (Rapid Eye Movement). Dalam tahap NREM, tidur berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh dan mengoptimalkan kerja organ dalam. Tahap ini pertumbuhan fisik secara optimal dapat tercapai dan membantu tubuh dalam memperbaiki metabolismenya. Tahap REM ini kondisi tubuh menjadi rileks.

Pada tahapan REM adalah tahapan lanjut dalam fase tidur. Tidur yang mencapai fase REM adalah tahapan tidur deep sleep. Dalam tahap ini, tidur bermanfaat bukan hanya sekedar beristirahat, namun juga menjaga kesehatan mental. Pada fase ini meski otot mata aktif bergerak, namun otak “melumpuhkan” otot sehingga anggota tubuh lain tidak ikut bergerak.

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan kesehatan mental, tidur juga bermanfaat untuk menghindari stress dan meningkatkan produktivitas. Karena itu tidur yang nyenyak dan nyaman sangat dibutuhkan seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak. Ketika fase tidur ini terganggu, dan anak mudah terbangun, maka untuk mencapai fase REM harus diulang dari awal lagi. Itulah sebabnya Ibu Yessica menganjurkan untuk benar-benar memperhitungkan jumlah jam tidur anak agar pertumbuhannya juga optimal.

Untuk mendapatkan waktu tidur yang optimal bagi anak-anak, dibutuhkan beberapa persiapan, diantaranya:

  1. Ruangan tidur yang nyaman dan sehat dengan memperhitungkan faktor cahaya dan sirkulasi udara. Ruangan yang terlalu lembab dapat mengganggu kesehatan anak.
  2. Rutinitas sebelum tidur. Untuk membantu anak mau tidur tepat waktu, dibutuhkan rutinitas sebelum tidur. 1 jam sebelum tidur, sebaiknya kurangi aktivitas fisik anak. Ajak mereka untuk cuci tangan dan kaki, gosok gigi dan memakai baju piyama. Apabila anak belum terlalu mengantuk, lakukan kegiatan yang tidak membutuhkan gerak fisik, seperti membaca, bermain puzzle, atau bercerita. Dengan rutinitas, maka orang tua dapat dengan mudah mengontrol jam tidur anak.
  3. Tempat tidur yang sesuai. Cari tempat tidur yang sesuai usia anak. Untuk anak balita pastikan tempat tidur yang digunakan memiliki pengaman pada sisi-sisinya. Gunakan matras yang lembut dan nyaman untuk menjaga anak agar nyaman saat tidur. Matras yang terlalu keras dan kain yang panas dapat mengganggu tidur dan mengurangi kenyamanan anak, sehingga mudah terbangun. Jangan terlalu banyak barang di atas tempat tidur, agar anak lebih leluasa tidur. Pilih kain selimut dan alas tidur yang lembut dan nyaman. Jaga kebersihan tempat tidur.

Apabila anak-anak dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak, maka ketika bangun anak-anak akan merasa lebih segar dan bersemangat. Ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan fokus dan prestasi anak. Tahukan seperti apa rasanya ketika kurang tidur? Produktivitas menurun, dan fokus terhadap pekerjaan juga terganggu. Jika terjadi pada anak-anak, tentu membuat proses belajar nya terganggu.

Ternyata signifikan sekali ya dampaknya kurang tidur terhadap kehidupan sehari-hari. Karena itu memilih tempat tidur itu penting banget. Bisa jadi kamu memilih tempat tidur hanya untuk sekali seumur hidup. Karena itu pilih dengan benar dan pertimbangkan banyak hal. Bapak Mukti menyarankan, sebelum membeli tempat tidur sebaiknya dicoba tidur langsung di atas matras atau tempat tidur. Hal ini bermanfaat untuk mencoba performa matras yang sebenarnya. Karena titik tumpu setiap orang ketika tidur berbeda-beda. Ada tipe back sleeper dan side sleeper. Titik tumpu orang yang cenderung senang tidur telentang atau telungkup, berbeda dengan orang yang senang tidur miring. Karena itu sangat disarankan untuk mencoba tidur di atas matras yang akan dibeli.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, PT. Duta Abadi Primantara mengeluarkan beberapa merk tempat tidur yang memiliki keunggulan berbeda-beda. Merk-merk tersebut antara lain:

  • KING KOIL, yang mengusung tagline “Value For Money” menghadirkan kualitas matras terbaik dari yang terbaik. Dengan desain klasik yang elegan, King Koil memberikan kenyamanan tidur bak raja.
  • SERTA, adalah matras nomor satu yang digunakan di banyak hotel di Eropa. Dengan tagline “Always Comfortable”, yang dibantu teknologi tinggi dalam proses pembuatan, membuat SERTA menjadi andalan banyak pelanggan.
  • FLORENCE, membawa tagline “Smart Choice For Happy Family” adalah pilihan paling ideal untuk keluarga. Dengan harga yang lebih terjangkau, FLORENCE mampu menghadirkan kenyamanan yang berkualitas tinggi. Dengan tempat tidur FLORENCE kita dapat memenuhi kebutuhan tidur yang yang berkualitas untuk anggota keluarga. Ini nih tempat tidur favoritenya Choky Sitohang.
  • TEMPUR memiliki material tempat tidur yang sangat nyaman. Terinspirasi dari tidurnya para astronot di luar angkasa, TEMPUR hadir memberikan kenyamanan serupa astronot. Dibantu dengan teknologi modern, keistimewaan tidur nyenyak dapat dimiliki para pelanggan TEMPUR.

Istimewanya, semua produk dari PT. Duta Abadi Primantara ini memiliki kantong tidur. Artinya meskipun kamu tidur di spring bed, orang di sebelah kamu goyang-goyang pun, goncangannya tidak akan kamu rasakan. Kamu masih akan tetap terlelap, meski anak yang dikekepin pecicilannya minta ampun. Sepertinya saya harus segera berganti merk matras. Sebab kualitas tidur seorang ibu sangat berpengaruh terhadap produktivitas dalam mengasuh anak-anaknya. Bener kan? Bener dong…

          Baca Juga: Tidur Nyenyak Itu Nikmat

Karena sepertiga waktu manusia dihabiskan di atas tempat tidur, maka jangan pernah main-main dalam memilih kualitas Kasur ya. Tidur itu bukan sekedar memejamkan mata. Tidur bukan kegiatan penutup hari, tetapi kegiatan yang menentukan kualitas hari berikutnya. Karena itu jaga tidurmu agar tetap sehat dan berkualitas. Selamat tidur nyenyak!



Related Posts :

No Comments :

Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
  • Sudah tahukan kalau hari ini ada #Harbolnas2017 ? Buat yang punya akun di ShopBack, khusus hari ini ShopBack kasih cashback terbesar Se-Indonesia lhooo... Gak main-main, cashbacknya sampai 120%.😍
.
Jangan lewatkan juga flash sale setiap jam untuk barang-barang wishlist kalian, seperti smartphone, TV LCD, dan ratusan barang lainnya. Harganya bikin bengong, CUMA Rp 12.000 😱
.
Cashbacknya bisa dikumpulin lagi, lalu buat belanja lagi. Itu salah satu kesukaan saya 😄. .
Belum punya akun? Buruan register! Harbolnas hanya hari ini lho... Pantang disia-siakan!
.
.
.
.
#ShopBackinAja #ThankYouShopBack #Harbolnas2017
  • Sebentar lagi tahun berganti. Seperti biasa, di Instagram mulai bertebaran #bestnine2017
.
Tadinya sudah cobain aplikasi best nine 2017 di website. Hasil generatenya tidak membuat saya puas. Karena hal terbaik dari 2017 bagi saya bukan berdasarkan jumlah like dan komentar terbanyak, maka bikin sendiri saja yaa... 😄
.
Hal terbaik bagi saya bukan dari penilaian orang, apalagi hasil generate mesin. Maka berikut 9 hal terbaik yang terpasang di Instagram selama tahun 2017:
.
Tidak ada hal yang lebih patut disyukuri ketika kita bisa menjadi diri sendiri, melakukan hal yang kita sukai, dan memberikan yang terbaik dari diri kita untuk orang lain. Bagi saya, masih bisa membaca buku, makan kenyang, dan bisa tidur nyenyak, itu anugerah yang tak terhingga. Maka, saya berhasil menggembil selama 2017 ini. Alhamdulillah.
.
Hal terbaik selanjutnya yang tak mungkin saya abaikan adalah keluarga. Memiliki suami yang masih setia di samping saya, memberikan dukungan terbaiknya untuk saya dan anak-anak adalah kedamaian tiada tara. Anak-anak yang sehat, cerdas, lengkap dengan segala celoteh dan perhatiannya merupakan bentuk kasih sayang Allah untuk saya. Bagi saya, mewujudkan mimpi-mimpi mereka, mengajak mereka berpetualang, dan memberikan pengalaman yang berbeda adalah bekal terbaik yang mampu saya berikan.
.
Memiliki sahabat, keluarga besar, dan teman-teman baru yang satu frekuensi itu hal yang patut disyukuri. Meski akan selalu ada yang datang dan pergi dalam hidup kita, namun jejak mereka selalu memberikan pelajaran berharga yang mewarnai diri kita. Pada tahun 2017 ini saya belajar banyak hal baru tentang kehidupan sosial. Tidak mudah, namun insyaallah selalu ada hal indah.
.
Terima kasih untuk segala warna di tahun 2017 ini. Terima kasih untuk semua hal terindah yang diberikan semesta. Terima kasih untuk setiap inchi perjalan yang telah dilalui bersama. Selamat menyambut pelangi yang akan datang di tahun-tahun selanjutnya. Semoga selalu membawa berkah dan manfaat 😊🙏.
.
.
.
.
.
.
#ninebest2017 #bestnine2017 #best9of2017 #TheSetyadi #kisahkepompong #Blogger #bloggerlife #MomofTwins #mother #newyear #influencer #momblogger
  • Ada yang suka belanja online gak?
.
Sebagai emak yang nyaman ber-bare face ria, aku doyan banget belanja online, mulai dari travel, fashion, gadget, beli pulsa sampai ojek online. Ya habisnya kalau mau belanja keluar kan harus dandan dulu yaa... Duh malesnya itu lhoo...🤣.
.
Eh, cobain belanja lewat @ShopBackID deh! Aku coba setiap belanja di toko online favorit dan cashbacknya beneran masuk lho! Sebagai emak pecinta gratisan, aku senang mengumpulkan cashback 😁.
.
Khusus waktu Harbolnas 12 Desember kalian nanti bisa dapet cashback s/d 120%. Kita juga punya kesempatan menangin iPhone X, Samsung Note 8, hingga Yamaha Mio S! 😍
.
Yuk belanja di #Harbolnas2017 dan dapetin cashbacknya. Langsung daftar lewat link yang ada di bio ya!
.
.
.
#ThankYouShopBack #Harbolnas2017 #ShopBackinAja
  • It's just one fun thing if you have twin daughters.
Sharing accessories & clothes is another thing.
Talking, laughing and doing silly thing without worry.
Discussing something serious and arguing are just as fun as gossiping.
However, in the end, we will still close the day with hug and kiss.
.
.
.
.
#TheSetyadi 
#kisahkepompong 
#MomofTwins
#twingirls 
#instadaily
#Blogger
#Parenting
#ParentingBlogger
  • "mbak, ngono kuwi jenenge panganan opo?"
.
"Embuh aku yo ora mudeng. Aku mung mudeng nek iki gratis, ora mbayar..." 💆
.
"Enak po ra?"
.
"Lha yo jelas enak tho yo... Nek ra enak wis tak wenehke awakmu. Berhubung enak yo tak entekne dewe."
.
💆💆💆
.
#TheSetyadi
#kisahkepompong 
#foodporn 
#foodgasm 
#johnnysbarn
@johnnysbarn
  • Rondo Royal pun bisa tampil eksklusif, berbalut keju, coklat dan strawberry. Semua akur, saling mengisi rasa, tanpa ada yang berdebat siapa yang paling banyak followernya diantara yang lain. Begitulah kehidupan sosial yang ideal. Masak mau kalah sama Rondo Royal?

#traditionalfood 
#IndonesianFood 
#jajananindonesia 
#Foodporn 
#foodgasm 
#kulinersurabaya 
#surabayahits 
#exploreIndonesia 
#exploreSurabaya
#dtekape

@dtekapecoffee