Mengatasi Nyeri Menstruasi Dengan Gerakan Sederhana

Ada yang pernah mengenal istilah PreMenstrual Syndrome, atau PMS? Perempuan kalau menjelang datang bulan biasanya mendadak jadi lebih galak dari macan, atau lebih sensitif. Entah ada angin apa, tiba-tiba pengen nangis waktu dengar lagu mellow. Nyeri di sekitar perut dan pinggang di 3 hari pertama menstruasi itu juga jamak terjadi pada saat PMS. Konon katanya sakitnya di awal menstruasi sama dengan sakitnya 10 kali lipat ditonjok dari dalam. Jadi mengertilah wahai para lelaki, jika tiba-tiba wanitamu mendadak jadi sensi, bersabarlah…

kiranti

Saya punya teman yang kalau hari pertama menstruasi kesakitan bukan main. Wajah pucat, keringat dingin, perut nyeri yang teramat sangat, dan badan lemas. Sudah bisa dipastikan semua aktifitas pun terganggu, harus cuti kerja dan bolos kuliah. Bahkan pernah sakit hebat hari pertama menstruasi pas liburan bersama. Gagal lah acara jalan-jalan dan berpetualang. Saya sendiri pernah mengalami hal serupa. Jangan ditanya sakitnya. Sampai teman sekantor yang lelaki semua itu harus memapah saya pulang ke kamar kost untuk istirahat. Wajah saya pucat pasi, perut rasanya seperti tercabut dari dalam. Badan lemas tak berdaya menahan rasa sakit yang teramat sangat.

Namun ternyata, ada cara untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Salah satunya dengan olah raga Yoga. Menurut Caroline Ang, dengan melakukan beberapa gerakan yoga sederhana dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks sehingga nyeri saat menstruasi dapat mereda. Di acara Yoga in the Air with Kiranti yang diadakan di Rooftop Central Point Mall tanggal 20 Agustus 2016 kemarin, Caroline Ang menuturkan bahwa Yoga pada dasarnya bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa serta membuat ketiganya bekerja seimbang.

IMAG6342

Acara yang digagas oleh perusahaan Orang Tua ini juga memperkenalkan varian baru Kiranti. Menurut Herianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT, banyak wanita memilih cara instan untuk menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi, tanpa memperhatikan efek samping dari asupan yang masuk ke tubuh. Ketika rasa nyeri dan tidak nyaman karena menstruasi menyerang, mereka cenderung malas bergerak. Iya nggak?! Iya kan?? Iya dunk yaaa… Padahal olah raga mampu memperlancar aliran darah yang dapat mengurangi rasa nyeri itu sendiri. Karena itu kampanye Stay Fresh and Healthy with Kiranti mengajak wanita Indonesia untuk memilih cara yang sehat melalui olahraga dan memilih minuman berbahan alami yang aman untuk tubuh.

IMAG6345

Saat ini Kiranti tersedia dalam 3 varian yaitu, Kiranti Sehat Datang Bulan Original, Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice, serta Kiranti Pegal Linu. Kiranti Sehat Datang Bulan berfungsi untuk membantu memperlancar haid dan mengatasi keluhan haid seperti nyeri. Untuk mendapatkan khasiatnya, Kiranti dianjurkan diminum 3 hari sebelum, saat menstruasi dan 3 hari setelah menstruasi. Varian baru yang plus Juice itu ada rasa jeruknya, jadi makin segeerr rasanya… Kemarin nyobain pas di acara Yoga In the Air with Kiranti, rasa jamunya tidak menyengat seperti yang varian original. Passs banget setelah berkeringat bareng Caroline Ang, minumnya yang segerrr… Sedangkan Kiranti Pegal Linu aman diminum kapan saja dan berfungsi mengatasi pegal linu, keletihan, meringankan sakit pada persendian serta menghangatkan tubuh.

Nah, berikut beberapa gerakan yoga sederhana yang dapat membantu meringankan rasa nyeri saat menstruasi:

  1. Bhujangasana atau cobra pose.
     bhujangasana
    joga-joga.pl
  2. Dhanurasana atau bow Pose
     dhanurasana
    joga-joga.pl
  3. Bhalasana atau child’s Pose
     balasana
    joga-joga.pl
  4. Marjaryasana atau Cat Pose dan Bitilasana atau Cow pose
     cat & cow pose
    laurenlobue.com
  5. Downward facing dog Pose
     Downdog
    loyoga.co.uk

Ulangi gerakan sebanyak 4 sampai 5 kali. Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat kita masuk pada fresh moment, dimana emosi kembali dapat diatur. Selamat mencoba. Namaste!


No Comments :

Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
  • When we met, we talk about kids, we talk about projects and we talk about ourself.

Give us a huge hug and your best pray to strengthen us with our upcoming projects, because we've been through our up and down.

Hope you all have a wonderful days ahead!

#KeluargaBikinBikinDiTaman
  • By, it's 8th year wedding anniversary!
By, it has been 15 years together.
With 2 little girls and you, it has been amazing journey.
Let's row our boat further, further and further... Just never ever give up on us!

#KisahKepompong
#TheSetyadi
@vino.kirakara
  • Ingin tahu seperti apa sisi lain kehidupan remaja jaman digital?

Ingin tahu seperti apa pola pikir remaja saat ini?

Ingin tahu apa mimpi dan keinginan remaja jaman sekarang?

Mungkin film ini jawabannya. Mungkin tidak  mewakili semua remaja. Tapi setidaknya ada sisi dunia yang seperti ini.

Kita tak boleh menutup mata. Kita orang tua yang harus terus belajar mengerti dan mengikuti kehidupan jaman.

Just check this out, parents! *****
@Regranned from @mygenerationfilm -  IFI Sinema
MY GENERATION
Sutradara #Upi / @upirocks

Cerita film ini menggambarkan keadaan remaja di era saat ini lengkap dengan segala problematikanya. Jika di kebanyakan film mengangkat sisi orangtua mempertanyakan sikap/prilaku sang anak, maka di film ini justru kebalikannya, anak mempertanyakan sikap/prilaku orangtuanya.

Film My Generation,
November di Bioskop!

___
#AlexandraKosasie / @mbak.anda
/ #AryaVasco / @aryavasco
/ #BryanLangelo / @bryanlangelo
/ #Lutesha / @lutesha

#filmindonesia #filmnasional #film #indonesia - #regrann
  • I can't stop spoiling twin girls with books.

Kalau inget jaman saya kecil dulu, tiap ingin beli buku perjuangannya panjang, sekarang seperti ingin memuaskan diri beli buku apa yang saya mau.

Beruntung bapaknya gak pernah protes kalau uang belanjanya tiris untuk dipakai berburu buku di rak obral. Dia juga maklum aja ketika istrinya gondok berat dan ngomel panjang ketika tahu ada bukunya yang hilang. Bukan, bukan karena saya terlalu sayang sama buku. Tapi karena gemes, di luar sana banyak anak ingin punya buku, tapi di sini yang berlimpah buku bukannya bersyukur malah abai merawat buku. Itu tuh rasanya kayak bom siap meledak.

Jadi begitulah nduk, syukuri semua yang kamu miliki dengan merawatnya baik-baik. Siapa tahu kalau nanti teman-temanmu datang berkunjung, jangan disuguhi tablet atau ipad ya... Ajak baca buku, ajak main lego, ajak main engklek, ajak main bola, ajak main pasir. Itu jauuuh lebih membahagiakan emakmu.  Scene ini dipersembahkan oleh emak yang lagi beberes rak buku sambil curcol karena nemu banyak buku hilang dari raknya. Mau ngomel, rumah sudah sepi. Sigh! 😥

#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • She has wonderful eyes, hasn't she?
Can you guess who is she? 😜

#throwbackpic
#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • Kids hang out at hospital 😋. Kira & Kara nengok soulmate trio kwek kweknya yang lagi sakit.

Ya gitu deh ya bocah. Kalau sudah ketemu dan becanda, lupa sama sakitnya. Lupa sama jarum infusnya. Tetep aja pecicilan. Diajakin pulang manyun semua (as always). Speedy recovery ya, Affaaa... 🤗😘. @dodyabiarbaah @rizky.eriandani 
#KiraKara
#TheSetyadi 
#KisahKepompong