PRUsyariah: Asuransi Syariah Yang Universal

PRUsyariah: Asuransi Syariah yang Universal – Menandai 10 tahun berkiprah di bidang industri asuransi jiwa syariah di Indonesia, pada tanggal 16 Mei 2017 PRUDENTIAL meluncurkan PRUprime Healthcare Syariah. Acara berlangsung di Pakuwon Center Surabaya dengan mengusung tema “10 Tahun PRUsyariah Untuk Semua” #PRUsyariahUntukSemua dan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya:

  • Rinaldi Mudahar, Country CEO PRUDENTIAL Indonesia
  • Ahmad Nuryadi, Sharia Supervisor Broad PRUDENTIAL Indonesia
  • Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications and Sharia Director PRUDENTIAL Indonesia
  • Paradikma Subawa, Product Planning & Development PRUDENTIAL Indonesia

Diantara kita pasti sebagian besar sudah tahu, atau paling tidak sering mendengar keluhan tentang melambungnya biaya kesehatan di Indonesia. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Namun yang jelas, lonjakan biaya tersebut tidak bisa kita bendung. Mau tidak mau, suka tidak suka, kenyataan ada di depan mata.

Pengalaman bengong dan tercengang di meja kasir menatap nota tagihan biaya Rumah Sakit sudah beberapa kali saya alami. Karena tak ingin seperti keledai yang masuk lubang yang sama, saya bergerilya mencari informasi tentang produk perlindungan jiwa. Lahir, jodoh, rejeki, sakit, mati memang mutlak keputusan Tuhan. Namun manusia diwajibkan untuk berikhtiar atau berusaha. Jika hujan itu menjadi urusan Tuhan, maka mencari payung adalah bentuk ikhtiar menghadapinya.

Nah, penasaran apa itu asuransi syariah dan bagaimana cara kerjanya? Duduk manis, ambil keripik, baca baik-baik!

Apa itu Asuransi Syariah?

Asuransi syariah adalah produk perlindungan jiwa yang memegang prinsip-prinsip syariah. Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah dikelola dengan berpegang erat pada aturan-aturan atau kaidah syariah dan diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. Dana polis yang terkumpul juga dimanfaatkan dan diinvestasikan ke dalam produk-produk industri yang sesuai dengan norma syariah. Sehingga para pemegang polis dapat bernafas dengan lega mengingat uang yang mereka kumpulkan tidak menyalahi aturan prinsip syariah.

Bagaimana cara kerja asuransi syariah?

Asuransi Syariah memegang 3 prinsip Syariah, yaitu: Tabarru, Akad dan Surplus Sharing.

Tabarru adalah dana yang dikumpulkan oleh para pemegang polis yang digunakan untuk membayar santunan kepada peserta pemegang polis yang membutuhkan. Dana inilah yang dikelola dan dimanfaatkan untuk saling membantu para peserta pemegang polis, sehingga berfungsi sebagai payung perlindungan jiwa ketika dibutuhkan. Dana tabarru inilah yang memegang prinsip tolong menolong dalam konsep syariah.

Akad dalam asuransi syariah ada 2, yaitu akad Hibah dan akad Tijarah Akad Hibah adalah perjanjian kesediaan dalam membayar biaya santunan dalam bentuk premi dan dikumpulkan bersama sebagai dana Tabbaru. Sedangkan Akad Tijarah adalah perjanjian atara pemegang polis dengan pihak yang akan mengelola dana tabbaru dengan imbalan berupa sejumlah fee.

Surplus Sharing adalah dana yang akan dibagikan pada seluruh pemegang polis jika ada kelebihan pada rekening dana Tabbaru.

Prinsip dan cara kerja diatas lah yang digunakan oleh PRUDENTIAL dalam membangun produk syariahnya. Dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut, PRUsyariah dapat menjadi produk yang mampu menjawab keinginan dan kebutuhan pasar, bukan hanya masyarakat muslim, namun masyarakat umum yang membutuhkan produk perlindungan jiwa  dengan cakupan global.

PRUprimeHealthCare atau PRUsyariah

Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh PRUprimehealthcare atau PRUsyariah:

  • PRUsyariah merupakan produk asuransi jiwa syariah yang akan membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan yang ada. Sehingga pasien pemegang polis dapat berkonsentrasi penuh dalam proses penyembuhan dan pemulihannya tanpa repot mengeluarkan uang dalam bentuk cash.
  • PRUsyariah memiliki kontribusi bruto dana tabarru sebesar Rp 2,2 triliun per akhir tahun 2016. Hal ini menempatkan PRUDENTIAL Indonesia sebagai pemimpin pasar asuransi syariah. Prudential Indonesia juga mencatat lebih dari 510.000 polis syariah yang aktif dengan asset sebesar Rp. 3,4 triliun. Kalau perusahaan asuransi yang sudah berpengalaman seperti ini, tentu makin tenang kan.
  • PRUsyariah juga akan memberikan NO CLAIM BONUS, yaitu tambahan manfaat yang akan diperoleh peserta pemegang polis apabila tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Penambahan tersebut bisa diberikan hingga mencapai maksimal 50% dari batas manfaat awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga. Fitur ini merupakan yang pertama di industry asuransi jiwa syariah.
  • PRUsyariah juga menawarkan PRUprime Limit Booster yaitu sejumlah dana yang dapat digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Dana yang dapat dimanfaatkan dalam fitur ini mencapai Rp 35 miliar dan merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia.
  • PRUsyariah juga menawarkan GLOBAL COVERAGE atau perlindungan global. Dengan global coverage tersebut, pemegang polis dapat melakukan rawat ianp dalam kondisi darurat di beberapa tempat di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat. Dalam produk ini pemegang polis dapat melakukan perawatan kesehatan secara cashless, hanya dengan menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah.
  • PRUsyariah juga memiliki santunan dana Marhamah. Dana santunan kasih sayang tersebut akan diberikan kepada keluarga peserta pemegang polis yang meninggal dunia.

Dengan cakupan yang global dan keuntungan yang terus berkembang tersebut, memnjadikan PRUsyariah sebagai produk asuransi yang dapat dimiliki oleh semua masyarakat, baik dari kalangan penduduk muslim maupun non muslim. Dengan 10 tahun pengalamannya dibidang industri syariah, PRUDENTIAL memiliki lebih dari 98.000 tenaga pemasar berlisensi syariah yang tesebar di seluruh Indonesia. Dengan tenaga pemasaran yang begitu besar tentu mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan melayani kebutuhan dalam bidang perawatan kesehatan. Dalam PRUDENTIAL 10th anniversary, Prudential Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perlindungan jiwa dan berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian syariah.

 



Related Posts :

8 Comments :

  1. mantab bener pruprime healthcare syariah ini. tapi tentunya semua tidak berharap untuk sakit sih..

    1. Ibarat payung, ini lebar banget yaa, kak.. Jadi mantap untuk perlindungan dari hujan 🙂


  2. Cakupannya luas juga ya, jadi gak cuma di Indonesia aja

    1. iya, betul.. bisa dipakai untuk di luar negeri juga.


  3. Dana Tabarru dari Prudential Syariah ini bagus banget, bisa menolong sesama tanpa diketahui oleh orangnya. Kayak menabung pahala

    1. wah, betul juga ya. bisa sekalian menabung pahala. kok tadi gak kepikiran yaa… 🙂


  4. Mantap asuransi syariah, bisa tenang dunia akhirat!

    1. Iya, betul.. Tenang dunia akhirat, mas!


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, Financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
Invalid Data
  • That Wednesday feeling. #dog #photography #stockphotos

#📷 by Elegant01 on elements.envato.com/photos
  • An ancient winding staircase with beautiful splash of green. #architecture #photography #stockphotos

#📷 by macropixel at elements.envato.com/photos
  • This week we're featuring a few of our favorite photos of beautiful buildings - like this church in the mist that looks like it was lifted straight from a fairy tale. #architecture #photography #stockphotos

#📷 by dreamypixel at elements.envato.com/photos
  • The rush of city life. #HongKong #cityscape #photography #stockphotos

#📷 by PerfectLazybones at elements.envato.com/photos