Fitur-Fitur Perbankan Yang Jarang Orang Tahu

FITUR-FITUR PERBANKAN YANG JARANG ORANG TAHU – Jaman semakin maju. Banyak fasilitas yang dapat kita nikmati yang dapat mempermudah kehidupan kita. Termasuk dalam dunia perbankan. Jika dulu bank hanya sebagai tempat untuk simpan-pinjam uang, maka saat ini manfaat yang bisa kita ambil bisa lebih banyak. Uang yang ditabung di bank, selain hanya sekedar disimpan, bisa kita manfaatkan dengan cara yang aman, seperti untuk berbelanja,mem bayar cicilan, tagihan listrik, telepon dan sejenisnya. Apakah hanya berhenti sampai disitu? Ternyata tidak. Berikut beberapa fitur-fitur perbankan yang jarang diketahui dan bisa kita manfaatkan.

1. Informasi transaksi melalui SMS atau email.

Jika biasanya untuk mengetahui detail transaksi perbankan, kita harus mencetak atau print buku tabungan ke bank, maka sekarang hal tersebut bisa jadi lebih mudah. Karena beberapa bank mempermudah nasabahnya dengan memberikan informasi transaksi melalui SMS atau email. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan. Apabila terdapat transaksi yang tidak wajar atau mencurigakan, nasabah dapat mengetahuinya lebih awal.

2. Autodebet

Fasilitas autodebet adalah fasilitas yang disediakan beberapa bank untuk para nasabahnya, yang memungkinkan bank mendebet secara langsung rekening nasabah secara otomatis setiap bulan sesuai persetujuan. Ini mempermudah nasabah dalam membayar tagihan atau iuran setiap bulan tanpa harus mendebet terlebih dahulu.

3. Auto Fund Transfer

Fitur Auto Fund Transfer atau AFT adalah fitur yang memungkinkan nasabah membayar cicilan ke rekening perusahaan atau instansi tertentu secara rutin dan otomatis. Jika nasabah memiliki cicilan mobil, rumah, atau motor ke perusahaan leasing atau KPR, maka bisa memanfaatkan fitur AFT tersebut untuk menghidari lupa atau terlambat bayar tagihan cicilan. Seperti kita tahu lupa atau terlambat bayar tagihan biasanya kita terkena denda. Sedih pasti kalau denda bertumpuk hanya karena kesibukan dan lupa.

4. Auto Transfer System

Auto Transfer System atau ATS adalah fitur yang dapat digunakan untuk mengirim uang ke rekening lain secara rutin setiap bulan dan otomatis. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membayar gaji bagi nasabah yang memiliki karyawan, atau mengirimkan uang ke saudara secara rutin. Dengan AFT maka meminimalisir tingkat lupa karena kesibukan dan mempermudah proses.

5. Desain Kartu ATM Sendiri

Beberapa jenis tabungan memberikan fasilitas desain kartu ATM sesuai keinginan nasabah. Personalisasi kartu ATM tersebut menarik bagi nasabah karena kartu ATMnya tidak akan memiliki resiko tertukar dengan milik orang lain. Selain itu desain kartu ATM sendiri bisa juga diisi dengan foto yang memiliki kenangan bagi nasabah sekaligus dapat mengabadikan momen-momen berharga. Menarik sekali ya?

6. Tabungan sekaligus Asuransi

Beberapa jenis tabungan juga dilengkapi dengan asuransi kesehatan dan asuransi kematian. Seperti tabungan anak-anak yang kami miliki dilengkapi dengan asuransi untuk anak. Meski nilai asuransinya tidak terlalu besar, namun lumayan untuk dimanfaatkan jika dibutuhkan. Dan fitur ini penting untuk diketahui, karena jika dibutuhkan bisa diambil atau diklaim ke bank yang bersangkutan. Karena itu ketahui fitur lengkap tabunganmu dengan menanyakan sedetail mungkin ke customer service bank bersangkutan.

Tidak semua jenis tabungan memiliki fitur diatas sekaligus. Beberapa bank menggunakan istilah berbeda untuk jenis manfaat yang sama. Untuk tahu lebih detail jenis manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tabunganmu, tanyakan sejelas mungkin ke petugas bank yang bersangkutan. Namun musti diingat juga, jika jenis tabungan semakin banyak memiliki jenis manfaat, maka semakin tinggi pula biaya administrasi yang akan dikenakan. Namun jika fitur tersebut dapat memudahkan pekerjaan dan aktivitasmu, maka kamu bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin dengan biaya administrasi yang terjangkau. Apabila tidak banyak manfaat yang kamu butuhkan, maka kamu bisa mengambil jenis tabungan konvensional dengan biaya administrasi yang cukup rendah dan tidak terlalu membebani.

Apakah jenis tabungan tersebut aman?

Semua jenis tabungan di bank di lindungi oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan selama suku bunga yang ditawarkan tidak melebihi ketentuan LPS dan OJK. Jika ada jenis simpanan yang memiliki fitur lengkap dan dilindungi keamanannya, apa kamu masih ragu juga? Meskipun ada isu rush money yang bisa membuat bank ditutup oleh OJK, tabunganmu tetap aman dan akan diganti penuh oleh LPS tanpa berkurang sepeser pun, kecuali kamu memiliki kewajiban yang harus diselesaikan dengan bank bersangkutan. Jika terjadi tindak kejahatan, seperti pencurian atau perampokan terhadap bank tempat kamu menyimpan uang, apakah uangmu juga ikut lenyap? Tentu tidak! Kan ada LPS yang akan menjamin simpananmu hingga sen terkecil.

Ayo ketahui manfaat yang bisa kamu ambil dari tabunganmu dan gunakan semaksimal mungkin!



Related Posts :

1 Comment :

  1. Iya loh, aku juga baru tau mbaaaaa


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
  • When we met, we talk about kids, we talk about projects and we talk about ourself.

Give us a huge hug and your best pray to strengthen us with our upcoming projects, because we've been through our up and down.

Hope you all have a wonderful days ahead!

#KeluargaBikinBikinDiTaman
  • By, it's 8th year wedding anniversary!
By, it has been 15 years together.
With 2 little girls and you, it has been amazing journey.
Let's row our boat further, further and further... Just never ever give up on us!

#KisahKepompong
#TheSetyadi
@vino.kirakara
  • Ingin tahu seperti apa sisi lain kehidupan remaja jaman digital?

Ingin tahu seperti apa pola pikir remaja saat ini?

Ingin tahu apa mimpi dan keinginan remaja jaman sekarang?

Mungkin film ini jawabannya. Mungkin tidak  mewakili semua remaja. Tapi setidaknya ada sisi dunia yang seperti ini.

Kita tak boleh menutup mata. Kita orang tua yang harus terus belajar mengerti dan mengikuti kehidupan jaman.

Just check this out, parents! *****
@Regranned from @mygenerationfilm -  IFI Sinema
MY GENERATION
Sutradara #Upi / @upirocks

Cerita film ini menggambarkan keadaan remaja di era saat ini lengkap dengan segala problematikanya. Jika di kebanyakan film mengangkat sisi orangtua mempertanyakan sikap/prilaku sang anak, maka di film ini justru kebalikannya, anak mempertanyakan sikap/prilaku orangtuanya.

Film My Generation,
November di Bioskop!

___
#AlexandraKosasie / @mbak.anda
/ #AryaVasco / @aryavasco
/ #BryanLangelo / @bryanlangelo
/ #Lutesha / @lutesha

#filmindonesia #filmnasional #film #indonesia - #regrann
  • I can't stop spoiling twin girls with books.

Kalau inget jaman saya kecil dulu, tiap ingin beli buku perjuangannya panjang, sekarang seperti ingin memuaskan diri beli buku apa yang saya mau.

Beruntung bapaknya gak pernah protes kalau uang belanjanya tiris untuk dipakai berburu buku di rak obral. Dia juga maklum aja ketika istrinya gondok berat dan ngomel panjang ketika tahu ada bukunya yang hilang. Bukan, bukan karena saya terlalu sayang sama buku. Tapi karena gemes, di luar sana banyak anak ingin punya buku, tapi di sini yang berlimpah buku bukannya bersyukur malah abai merawat buku. Itu tuh rasanya kayak bom siap meledak.

Jadi begitulah nduk, syukuri semua yang kamu miliki dengan merawatnya baik-baik. Siapa tahu kalau nanti teman-temanmu datang berkunjung, jangan disuguhi tablet atau ipad ya... Ajak baca buku, ajak main lego, ajak main engklek, ajak main bola, ajak main pasir. Itu jauuuh lebih membahagiakan emakmu.  Scene ini dipersembahkan oleh emak yang lagi beberes rak buku sambil curcol karena nemu banyak buku hilang dari raknya. Mau ngomel, rumah sudah sepi. Sigh! 😥

#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • She has wonderful eyes, hasn't she?
Can you guess who is she? 😜

#throwbackpic
#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • Kids hang out at hospital 😋. Kira & Kara nengok soulmate trio kwek kweknya yang lagi sakit.

Ya gitu deh ya bocah. Kalau sudah ketemu dan becanda, lupa sama sakitnya. Lupa sama jarum infusnya. Tetep aja pecicilan. Diajakin pulang manyun semua (as always). Speedy recovery ya, Affaaa... 🤗😘. @dodyabiarbaah @rizky.eriandani 
#KiraKara
#TheSetyadi 
#KisahKepompong