Biaya-Biaya Yang Dibutuhkan Selama Masa Kehamilan Hingga Setelah Melahirkan

Biaya-Biaya Yang Dibutuhkan Selama Masa Kehamilan Hingga Setelah Melahirkan – Untuk mendapatkan anak cerdas dan sehat itu perlu persiapan. Bukan hanya persiapan fisik, persiapan ilmu, namun juga persiapan finansial. Buat para calon ayah mungkin yang ada dipikiran ketika mengetahui istrinya hami adalah memikirkan biaya persalinan. Padahal selama masa kehamilan dan setelah melahirkan ada biaya-biaya yang harus disiapkan juga. Seorang suami siaga itu bukan hanya ada di samping istri ketika menjelang persalinan saja, tetapi juga menjadi suami yang harus siaga secara finansial.

Berikut beberapa biaya-biaya yang harus dipertimbangkan para calon orang tua:

MASA KEHAMILAN

Selama masa kehamilan dibutuhkan biaya-biaya yang kadang tak terpikirkan oleh para calon orang tua, namun ternyata wajib dikeluarkan juga. Setelah testpack menunjukkan dua garis merah, calon ayah dan ibu bisa mempersiapkan biaya-biaya sebagai berikut:

  • Biaya Kontrol Rutin

Seorang ibu hamil wajib melakukan kontrol secara rutin ke tenaga medis terdekat untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan calon buah hatinya. Selain itu selama melakukan kontrol calon ibu dapat berkonsultasi dengan tenaga medis tentang banyak hal mengenai kehamilan dan persalinan. Ketika kontrol rutin, ibu hamil juga akan dibekali beberapa macam vitamin yang harus dikonsumsi untuk menjaga asupan nutrisi sehat selama masa kehamilan. Kontrol rutin tidak harus dilakukan ke dokter di rumah sakit, namun juga bisa dilakukan ke bidan atau puskesmas terdekat. Semua bisa disesuaikan dengan budget biaya yang dimiliki setiap pasangan.

  • Biaya USG

Sesekali lakukan kontrol USG untuk melihat kondisi janin dalam keadaan sehat dan prima. Dengan melakukan USG bidan atau dokter dapat melihat kondisi janin dan memberitahukannya kepada orang tua. Beberapa dokter atau bidan tidak memasukkan biaya USG kedalam biaya kontrol rutin. Namun USG dapat diberikan jika orang tua berkenan atau meminta. Jika dana tidak memungkinkan, orang tua dapat melakukan USG hanya pada saat-saat tertentu sesuai saran petugas medis. Namun bagaimanapun juga, Biaya USG musti dipersiapkan.

  • Biaya Vitamin Tambahan

Untuk mendapatkan anak cerdas dan sehat, dibutuhkan kecukupan nutrisi sehat selama masa kehamilan. Untuk menjaga angka kecukupan nutrisi pada ibu hamil, petugas kesehatan biasanya memberikan resep yang berisi vitamin yang harus dikonsumsi ibu hamil. Vitamin tersebut bisa berupa zat besi, asam folat, kalsium atau vitamin yang lain. Karena kebutuhan vitamin pada ibu hamil berbeda, maka pastikan asupan nutrisi sehat selalu aman terpenuhi dengan menyisihkan sebagian uang untuk keperluan tersebut.

  • Biaya Tasyakuran

Sepertinya sudah jamak terjadi pada banyak keluarga untuk mengadakan pesta tasyakuran sebagai wujud rasa bahagia atas rejeki kehamilan yang di dapat. Bentuk tasyakuran bisa bermacam-macam tergantung agama dan adat istiadat setempat. Tasyakuran bisa berupa mengadakan pengajian, mengundang tetangga sekitar rumah, mengadakan kebaktian, baby shower, acara adat seperti mitoni, ataupun adat-adat yang lain. Karena pasti dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, tidak perlu malu atau menuruti gengsi. Diskusikan dengan keluarga besar yang bisa dimintai bantuan untuk mengurus acara tasyakuran. Sesuaikan budget tasyakuran dengan dana yang dimiliki.

  • Membeli Kebutuhan Bayi

Setelah kehamilan mulai menginjak trisemester terakhir, para calon orang tua biasanya akan mempersiapkan kebutuhan bayi yang akan dilahirkan. Mulai dari popok, baju bayi, bedong, peralatan mandi, hingga berbagai macam perintilan keperluan bayi. Untuk baju, popok maupun bedong sebaiknya tidak perlu terlalu banyak, mengingat baju bayi baru lahir hanya dipakai untuk beberapa bulan saja. Pada umumnya pertumbuhan fisik bayi akan meningkat dengan cepat. Karena itu sesuaikan dengan kebutuhan dan menjaga agar tidak mudah lapar mata. Untuk menghindari over budget, ayah atau ibu bisa mencari testimoni yang terdapat pada banyak website parenting mengenai keperluan bayi. Apakah bisa langsung dibeli atau bisa dicoba untuk sewa. Misalkan soal stroller dan tempat tidur bayi. Tidak semua bayi mau tidur sendiri di box bayi, dan tidak semua bayi bisa menikmati di dorong menggunakan stroller. Beberapa bayi lebih suka  digendong dan didekap ibunya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan masing-masing keluarga.

MASA PERSALINAN

Memasuki masa persalinan, banyak ibu yang sudah mulai merasa mudah lelah, sesak nafas, sulit tidur dan aneka keluhan tambahan. Para suami juga mulai merasa harap-harap cemas menanti kelahiran sang buah hati dan menyediakan diri menjadi tenaga ekstra untuk tempat mengeluh istrinya dan memijit punggungnya. Di saat bersamaan, seorang suami juga musti siaga secara finansial.

Berikut beberapa biaya yang dibutuhkan selama masa persalinan

  • Biaya Persalinan

Pertimbangkan dan diskusikan dengan istri dan tenaga medis, akan menggunakan metode persalinan normal, atau Caesar. Diskusikan juga tempat persalinan dan cari tahu berapa perkiraan biaya lahir di tempat tersebut. Jangan lupa untuk memilih kelas biaya persalinan sesuai kemampuan. Tanyakan apakah biaya dapat dibantu menggunakan asuransi. Dan cari tahu dengan detil biaya-biaya apa saja yang bisa ditutup menggunakan asuransi.

  • Dana Darurat

Persiapkan dana tambahan yang dibutuhkan jika terjadi hal-hal darurat yang tidak dapat tertutupi dengan asuransi. Selama mas persalinan, semua kemungkinan bisa saja terjadi baik pada ibu maupun bayinya. Setidaknya anda tahu harus menyiapkan jauh sebelum hari persalinan tiba.

PASCA PERSALINAN

Setelah persalinan, ibu dan bayi siap pulang ke rumah, akan ada dana tambahan yang dibutuhkan lagi. Tidak perlu berkecil hati, karena jika semua dipersiapkan sedini mungkin, maka tidak akan menganggu pos dana sehari-hari

Berikut beberapa biaya yang dibutuhkan setelah persalinan:

  • Biaya Imunisasi

Setelah bayi lahir wajib di imunisasi untuk memberikan kekebalan pada tubuh bayi terhadap jenis-jenis penyakit tertentu. Imunisasi tersedia mulai dari yang diwajibkan pemerintah, hingga imunisasi tambahan sesuai permintaan orang tua. Jika imunisasi dilakukan di posyandu, maka biaya imunisasi bisa dihilangkan, karena untuk imunisasi wajib, pemerintah memberikan secara gratis. Namun jika memutuskan untuk melakukan imunisasi di klinik dokter, maka cari tahu berapa perkiraan biayanya. Masing-masing imunisasi memiliki harga yang berbeda-beda.

  • Biaya Kontrol Bayi Rutin

Setelah melahirkan hingga 1-2 tahun ke depan, ada baiknya orang tua melakukan kontrol secara rutin untuk memantau tumbuh kembang buah hatinya. Apakah tumbuh kembangnya sudah sesuai usianya atau belum, bisa dilihat dan dipastikan oleh dokter atau tenaga medis terdekat. Apabila ada kejanggalan atau keanehan yang ditemui, bisa dilakukan tindakan sedini mungkin oleh petugas kesehatan. Selama masa kontrol tersebut, ayah atau ibu bisa juga berkonsultasi mengenai kesehatan buah hatinya. Tentukan tempat kontrol rutin dan sesuaikan dengan dana yang dimiliki.

  • Biaya Kontrol Ibu

Setelah melahirkan, selain bayi, ibu juga wajib kontrol selama minimal 3 bulan untuk memastikan kesehatan organ reproduksinya. Persiapkan dana tambahan untuk melakukan kontrol agar kesehatan ibu melahirkan dapat terus terjaga. Dengan melakukan kontrol rutin, ibu juga dapat berkonsultasi mengenai menyusui dan perawatan pasca persalinan. Jadi tidak ada ruginya menyiapkan dana untuk kontrol ruti ibu melahirkan.

Total dana yang dibutuhkan dari semua proses diatas akan berbeda satu sama lain bergantung banyak fakor. Namun begitu, usahakan untuk terus melakukan kontrol keuangan agar tidak over budget dan berkesan memaksakan diri. Sesuaikan semua kebutuhan dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Tidak perlu mengandalkan gengsi atau malu.

Persiapan semua dana di atas akan lebih mudah jika menggunakan tabungan yang mudah diambil sewaktu-waktu. Cari bank yang memiliki banyak jaringan ATM untuk mempermudah proses pengambilan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jangan menggunakan instrument penyimpanan yang sulit proses pengambilannya seperti Deposito yang biasanya hanya bisa diambil setelah jangka waktu tertentu. Cukup menggunakan tabungan konvensional yang tidak ribet ketika sewaktu-waktu dana dibutuhkan.

Bank yang memiliki jaringan ATM luas bisa menjadi pilihan para calon orang tua mempersiapkan dana kehamilan dan persalinan. Bank merupakan tempat yang aman untuk menyimpan uang karena dilindungi oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan yang menjamin simpanan nasabah hingga 2 Milyar. Dengan adanya LPS, maka uang nasabah akan aman dari banyak kemungkinan buruk terjadi. Dengan menyimpan di bank, nasabah tidak perlu khawatir dana akan dibawa kabur atau dicuri. Apabila ada pada keadaan yang menyebabkan bank harus ditutup, LPS akan mengganti uang simpananan nasabah tanpa berkurang sepeser pun.

Selain belajar tentang kehamilan, persalinan dan perawatan bayi baru lahir, ada baiknya jika orang tua juga belajar tentang mengatur keuangan. Karena setelah memiliki anak, maka akan ada banyak biaya-biaya tambahan yang harus dipertimbangkan. Karena itu menjadi cerdas finansial sama pentingnya dengan belajar tentang tumbuh kembang bayi.

Selamat mempersiapkan kedatangan buah hati!



Related Posts :

4 Comments :

  1. Aku sudah mulai dari setahun ini menabung untuk persiapan kehamilan dan melahirkan. Apalagi kala u untuk program hamil itu butuh biaya yang gede. 😥😥


  2. wow….kalo diitung2 bikin jereng ya mbak hihihi semua pake duit, alhamduliah sudah dicukupkan olehNya 🙂


  3. Isshh cucoo!
    Aku share ke temenku yheaa bude


  4. Kalau di hitung satu satu keliatan besarnya ya…alhamdulillah ga dihitung2 pas setelah nikah berencana hamil karena kalau dihitung kayak gini sy kayaknya bakal stress hahaha. Sy dibuat mengalir , sisihin gaji untuk syukuran dan beli kebutuhan bayi, manfaatin asuransi kantor dgn maksimal unt biaya kontrol dan lahiran hehehe


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
  • When we met, we talk about kids, we talk about projects and we talk about ourself.

Give us a huge hug and your best pray to strengthen us with our upcoming projects, because we've been through our up and down.

Hope you all have a wonderful days ahead!

#KeluargaBikinBikinDiTaman
  • By, it's 8th year wedding anniversary!
By, it has been 15 years together.
With 2 little girls and you, it has been amazing journey.
Let's row our boat further, further and further... Just never ever give up on us!

#KisahKepompong
#TheSetyadi
@vino.kirakara
  • Ingin tahu seperti apa sisi lain kehidupan remaja jaman digital?

Ingin tahu seperti apa pola pikir remaja saat ini?

Ingin tahu apa mimpi dan keinginan remaja jaman sekarang?

Mungkin film ini jawabannya. Mungkin tidak  mewakili semua remaja. Tapi setidaknya ada sisi dunia yang seperti ini.

Kita tak boleh menutup mata. Kita orang tua yang harus terus belajar mengerti dan mengikuti kehidupan jaman.

Just check this out, parents! *****
@Regranned from @mygenerationfilm -  IFI Sinema
MY GENERATION
Sutradara #Upi / @upirocks

Cerita film ini menggambarkan keadaan remaja di era saat ini lengkap dengan segala problematikanya. Jika di kebanyakan film mengangkat sisi orangtua mempertanyakan sikap/prilaku sang anak, maka di film ini justru kebalikannya, anak mempertanyakan sikap/prilaku orangtuanya.

Film My Generation,
November di Bioskop!

___
#AlexandraKosasie / @mbak.anda
/ #AryaVasco / @aryavasco
/ #BryanLangelo / @bryanlangelo
/ #Lutesha / @lutesha

#filmindonesia #filmnasional #film #indonesia - #regrann
  • I can't stop spoiling twin girls with books.

Kalau inget jaman saya kecil dulu, tiap ingin beli buku perjuangannya panjang, sekarang seperti ingin memuaskan diri beli buku apa yang saya mau.

Beruntung bapaknya gak pernah protes kalau uang belanjanya tiris untuk dipakai berburu buku di rak obral. Dia juga maklum aja ketika istrinya gondok berat dan ngomel panjang ketika tahu ada bukunya yang hilang. Bukan, bukan karena saya terlalu sayang sama buku. Tapi karena gemes, di luar sana banyak anak ingin punya buku, tapi di sini yang berlimpah buku bukannya bersyukur malah abai merawat buku. Itu tuh rasanya kayak bom siap meledak.

Jadi begitulah nduk, syukuri semua yang kamu miliki dengan merawatnya baik-baik. Siapa tahu kalau nanti teman-temanmu datang berkunjung, jangan disuguhi tablet atau ipad ya... Ajak baca buku, ajak main lego, ajak main engklek, ajak main bola, ajak main pasir. Itu jauuuh lebih membahagiakan emakmu.  Scene ini dipersembahkan oleh emak yang lagi beberes rak buku sambil curcol karena nemu banyak buku hilang dari raknya. Mau ngomel, rumah sudah sepi. Sigh! 😥

#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • She has wonderful eyes, hasn't she?
Can you guess who is she? 😜

#throwbackpic
#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • Kids hang out at hospital 😋. Kira & Kara nengok soulmate trio kwek kweknya yang lagi sakit.

Ya gitu deh ya bocah. Kalau sudah ketemu dan becanda, lupa sama sakitnya. Lupa sama jarum infusnya. Tetep aja pecicilan. Diajakin pulang manyun semua (as always). Speedy recovery ya, Affaaa... 🤗😘. @dodyabiarbaah @rizky.eriandani 
#KiraKara
#TheSetyadi 
#KisahKepompong