Biaya-Biaya Yang Dibutuhkan Selama Masa Kehamilan Hingga Setelah Melahirkan

Biaya-Biaya Yang Dibutuhkan Selama Masa Kehamilan Hingga Setelah Melahirkan – Untuk mendapatkan anak cerdas dan sehat itu perlu persiapan. Bukan hanya persiapan fisik, persiapan ilmu, namun juga persiapan finansial. Buat para calon ayah mungkin yang ada dipikiran ketika mengetahui istrinya hami adalah memikirkan biaya persalinan. Padahal selama masa kehamilan dan setelah melahirkan ada biaya-biaya yang harus disiapkan juga. Seorang suami siaga itu bukan hanya ada di samping istri ketika menjelang persalinan saja, tetapi juga menjadi suami yang harus siaga secara finansial.

Berikut beberapa biaya-biaya yang harus dipertimbangkan para calon orang tua:

MASA KEHAMILAN

Selama masa kehamilan dibutuhkan biaya-biaya yang kadang tak terpikirkan oleh para calon orang tua, namun ternyata wajib dikeluarkan juga. Setelah testpack menunjukkan dua garis merah, calon ayah dan ibu bisa mempersiapkan biaya-biaya sebagai berikut:

  • Biaya Kontrol Rutin

Seorang ibu hamil wajib melakukan kontrol secara rutin ke tenaga medis terdekat untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan calon buah hatinya. Selain itu selama melakukan kontrol calon ibu dapat berkonsultasi dengan tenaga medis tentang banyak hal mengenai kehamilan dan persalinan. Ketika kontrol rutin, ibu hamil juga akan dibekali beberapa macam vitamin yang harus dikonsumsi untuk menjaga asupan nutrisi sehat selama masa kehamilan. Kontrol rutin tidak harus dilakukan ke dokter di rumah sakit, namun juga bisa dilakukan ke bidan atau puskesmas terdekat. Semua bisa disesuaikan dengan budget biaya yang dimiliki setiap pasangan.

  • Biaya USG

Sesekali lakukan kontrol USG untuk melihat kondisi janin dalam keadaan sehat dan prima. Dengan melakukan USG bidan atau dokter dapat melihat kondisi janin dan memberitahukannya kepada orang tua. Beberapa dokter atau bidan tidak memasukkan biaya USG kedalam biaya kontrol rutin. Namun USG dapat diberikan jika orang tua berkenan atau meminta. Jika dana tidak memungkinkan, orang tua dapat melakukan USG hanya pada saat-saat tertentu sesuai saran petugas medis. Namun bagaimanapun juga, Biaya USG musti dipersiapkan.

  • Biaya Vitamin Tambahan

Untuk mendapatkan anak cerdas dan sehat, dibutuhkan kecukupan nutrisi sehat selama masa kehamilan. Untuk menjaga angka kecukupan nutrisi pada ibu hamil, petugas kesehatan biasanya memberikan resep yang berisi vitamin yang harus dikonsumsi ibu hamil. Vitamin tersebut bisa berupa zat besi, asam folat, kalsium atau vitamin yang lain. Karena kebutuhan vitamin pada ibu hamil berbeda, maka pastikan asupan nutrisi sehat selalu aman terpenuhi dengan menyisihkan sebagian uang untuk keperluan tersebut.

  • Biaya Tasyakuran

Sepertinya sudah jamak terjadi pada banyak keluarga untuk mengadakan pesta tasyakuran sebagai wujud rasa bahagia atas rejeki kehamilan yang di dapat. Bentuk tasyakuran bisa bermacam-macam tergantung agama dan adat istiadat setempat. Tasyakuran bisa berupa mengadakan pengajian, mengundang tetangga sekitar rumah, mengadakan kebaktian, baby shower, acara adat seperti mitoni, ataupun adat-adat yang lain. Karena pasti dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, tidak perlu malu atau menuruti gengsi. Diskusikan dengan keluarga besar yang bisa dimintai bantuan untuk mengurus acara tasyakuran. Sesuaikan budget tasyakuran dengan dana yang dimiliki.

  • Membeli Kebutuhan Bayi

Setelah kehamilan mulai menginjak trisemester terakhir, para calon orang tua biasanya akan mempersiapkan kebutuhan bayi yang akan dilahirkan. Mulai dari popok, baju bayi, bedong, peralatan mandi, hingga berbagai macam perintilan keperluan bayi. Untuk baju, popok maupun bedong sebaiknya tidak perlu terlalu banyak, mengingat baju bayi baru lahir hanya dipakai untuk beberapa bulan saja. Pada umumnya pertumbuhan fisik bayi akan meningkat dengan cepat. Karena itu sesuaikan dengan kebutuhan dan menjaga agar tidak mudah lapar mata. Untuk menghindari over budget, ayah atau ibu bisa mencari testimoni yang terdapat pada banyak website parenting mengenai keperluan bayi. Apakah bisa langsung dibeli atau bisa dicoba untuk sewa. Misalkan soal stroller dan tempat tidur bayi. Tidak semua bayi mau tidur sendiri di box bayi, dan tidak semua bayi bisa menikmati di dorong menggunakan stroller. Beberapa bayi lebih suka  digendong dan didekap ibunya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan masing-masing keluarga.

MASA PERSALINAN

Memasuki masa persalinan, banyak ibu yang sudah mulai merasa mudah lelah, sesak nafas, sulit tidur dan aneka keluhan tambahan. Para suami juga mulai merasa harap-harap cemas menanti kelahiran sang buah hati dan menyediakan diri menjadi tenaga ekstra untuk tempat mengeluh istrinya dan memijit punggungnya. Di saat bersamaan, seorang suami juga musti siaga secara finansial.

Berikut beberapa biaya yang dibutuhkan selama masa persalinan

  • Biaya Persalinan

Pertimbangkan dan diskusikan dengan istri dan tenaga medis, akan menggunakan metode persalinan normal, atau Caesar. Diskusikan juga tempat persalinan dan cari tahu berapa perkiraan biaya lahir di tempat tersebut. Jangan lupa untuk memilih kelas biaya persalinan sesuai kemampuan. Tanyakan apakah biaya dapat dibantu menggunakan asuransi. Dan cari tahu dengan detil biaya-biaya apa saja yang bisa ditutup menggunakan asuransi.

  • Dana Darurat

Persiapkan dana tambahan yang dibutuhkan jika terjadi hal-hal darurat yang tidak dapat tertutupi dengan asuransi. Selama mas persalinan, semua kemungkinan bisa saja terjadi baik pada ibu maupun bayinya. Setidaknya anda tahu harus menyiapkan jauh sebelum hari persalinan tiba.

PASCA PERSALINAN

Setelah persalinan, ibu dan bayi siap pulang ke rumah, akan ada dana tambahan yang dibutuhkan lagi. Tidak perlu berkecil hati, karena jika semua dipersiapkan sedini mungkin, maka tidak akan menganggu pos dana sehari-hari

Berikut beberapa biaya yang dibutuhkan setelah persalinan:

  • Biaya Imunisasi

Setelah bayi lahir wajib di imunisasi untuk memberikan kekebalan pada tubuh bayi terhadap jenis-jenis penyakit tertentu. Imunisasi tersedia mulai dari yang diwajibkan pemerintah, hingga imunisasi tambahan sesuai permintaan orang tua. Jika imunisasi dilakukan di posyandu, maka biaya imunisasi bisa dihilangkan, karena untuk imunisasi wajib, pemerintah memberikan secara gratis. Namun jika memutuskan untuk melakukan imunisasi di klinik dokter, maka cari tahu berapa perkiraan biayanya. Masing-masing imunisasi memiliki harga yang berbeda-beda.

  • Biaya Kontrol Bayi Rutin

Setelah melahirkan hingga 1-2 tahun ke depan, ada baiknya orang tua melakukan kontrol secara rutin untuk memantau tumbuh kembang buah hatinya. Apakah tumbuh kembangnya sudah sesuai usianya atau belum, bisa dilihat dan dipastikan oleh dokter atau tenaga medis terdekat. Apabila ada kejanggalan atau keanehan yang ditemui, bisa dilakukan tindakan sedini mungkin oleh petugas kesehatan. Selama masa kontrol tersebut, ayah atau ibu bisa juga berkonsultasi mengenai kesehatan buah hatinya. Tentukan tempat kontrol rutin dan sesuaikan dengan dana yang dimiliki.

  • Biaya Kontrol Ibu

Setelah melahirkan, selain bayi, ibu juga wajib kontrol selama minimal 3 bulan untuk memastikan kesehatan organ reproduksinya. Persiapkan dana tambahan untuk melakukan kontrol agar kesehatan ibu melahirkan dapat terus terjaga. Dengan melakukan kontrol rutin, ibu juga dapat berkonsultasi mengenai menyusui dan perawatan pasca persalinan. Jadi tidak ada ruginya menyiapkan dana untuk kontrol ruti ibu melahirkan.

Total dana yang dibutuhkan dari semua proses diatas akan berbeda satu sama lain bergantung banyak fakor. Namun begitu, usahakan untuk terus melakukan kontrol keuangan agar tidak over budget dan berkesan memaksakan diri. Sesuaikan semua kebutuhan dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Tidak perlu mengandalkan gengsi atau malu.

Persiapan semua dana di atas akan lebih mudah jika menggunakan tabungan yang mudah diambil sewaktu-waktu. Cari bank yang memiliki banyak jaringan ATM untuk mempermudah proses pengambilan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jangan menggunakan instrument penyimpanan yang sulit proses pengambilannya seperti Deposito yang biasanya hanya bisa diambil setelah jangka waktu tertentu. Cukup menggunakan tabungan konvensional yang tidak ribet ketika sewaktu-waktu dana dibutuhkan.

Bank yang memiliki jaringan ATM luas bisa menjadi pilihan para calon orang tua mempersiapkan dana kehamilan dan persalinan. Bank merupakan tempat yang aman untuk menyimpan uang karena dilindungi oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan yang menjamin simpanan nasabah hingga 2 Milyar. Dengan adanya LPS, maka uang nasabah akan aman dari banyak kemungkinan buruk terjadi. Dengan menyimpan di bank, nasabah tidak perlu khawatir dana akan dibawa kabur atau dicuri. Apabila ada pada keadaan yang menyebabkan bank harus ditutup, LPS akan mengganti uang simpananan nasabah tanpa berkurang sepeser pun.

Selain belajar tentang kehamilan, persalinan dan perawatan bayi baru lahir, ada baiknya jika orang tua juga belajar tentang mengatur keuangan. Karena setelah memiliki anak, maka akan ada banyak biaya-biaya tambahan yang harus dipertimbangkan. Karena itu menjadi cerdas finansial sama pentingnya dengan belajar tentang tumbuh kembang bayi.

Selamat mempersiapkan kedatangan buah hati!



Related Posts :

6 Comments :

  1. Aku sudah mulai dari setahun ini menabung untuk persiapan kehamilan dan melahirkan. Apalagi kala u untuk program hamil itu butuh biaya yang gede. 😥😥


  2. wow….kalo diitung2 bikin jereng ya mbak hihihi semua pake duit, alhamduliah sudah dicukupkan olehNya 🙂


  3. Isshh cucoo!
    Aku share ke temenku yheaa bude


  4. Kalau di hitung satu satu keliatan besarnya ya…alhamdulillah ga dihitung2 pas setelah nikah berencana hamil karena kalau dihitung kayak gini sy kayaknya bakal stress hahaha. Sy dibuat mengalir , sisihin gaji untuk syukuran dan beli kebutuhan bayi, manfaatin asuransi kantor dgn maksimal unt biaya kontrol dan lahiran hehehe


  5. bagai mana perawatan kalo sudah melahirkan bagi bai


  6. Ihikss ternyata aku pernah komen di sini, tapi pengin lagi ah..

    banyak yaa ternyata biaya yang harus disiapkan.. *gleg*
    Aku jadi liburan gak nih 😛


Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
  • Kalau janji ketemuan di sini, itu berarti bakalan nyangkut lama. Hampir 13 tahun berjibaku di gedung ini, dari mulai masih culun, jomblo, lalu punya pacar, sampe menikah dan punya anak.
.
Dari mulai jaman dulu cuma ada 1 gedung aja, hingga sekarang berkembang kemana-mana. Dari mulai resto yang nyempil dan mungil, sampe sekarang kece dan instagramable. Ngobrol di sini bikin kerasan dan betah.
.
Hal yang paling diingat dari resto ini, Koloke nya juwaraakk! Dulu, kalau kita habis selesaikan satu project, sekantor makan-makan di resto ini. Jaman dulu, bisa makan koloke di sini mewah bangeeet!! Minumnya es leci, berasa jadi nonik sehari. Maklum biasanya makan siang di pujasera atau kantinnya Ubhara.
.
Hari ini ketika mampir di sini, dan menerima list menunya, terjangkau ciiiin... Pas banget nih buat kumpul-kumpul cantik ibu-ibu 😍😄. Yang paling disesalkan adalah, kenapa baru bisa mampir sini pas perut sudah kenyang.
.
Terima kasih ya mbak @desi.suryani77 hari ini ditemenin ngobrol seharian di Pena Resto sambil kita bernostalgia, ketawa ngakak sampai ngobrolin project segala macam.
.
Maaf ya mbak @wiwikaminashar aku lupa mengajak dirimu. Sekarang gantian cekikikannya pindah di sini 😂. Aku menunggu project-project selanjutnya dari kalian. Tapi please, jangan minta aku ngantor di sana lagi yaaa... Sungguh, bisa cekakan tiap hari sama kalian itu godaan amat berat, tapi aku sudah terlanjur menikmati masa "pensiun"... 😂 Doakan saja kita bisa plesiran ke yurop sama-sama yaaa.. 😄😄
.
Happiness is sharing good food with good friends.
.
.
.
.
.
#kisahkepompong #TheSetyadi #penaresto #grahapena #grahapenasurabaya
  • Beberapa hari ini saya dibuat kelimpungan oleh mereka. Sebagai anak SD yang tak lagi (mau dianggap) kecil, mereka memasuki fase baru.
.
Fase sosialisasi yang lebih menantang. Luapan kemarahan yang meledak. Ungkapan tidak setuju yang lebih frontal dan terbuka. Masa dini para pemberontak cilik menciptakan riak-riak kecil.
.
Saya shock. Fase ini benar-benar menguras emosi. Saya "dipaksa" belajar bagaimana melakukan negosiasi yang alot tanpa keluar jalur. Saya "dipaksa" belajar menghadapi serangan-serangan terbuka yang sering membuat saya tercengang. (Ya ampuuunn nak, ikut lomba debat aja ya nanti kalau SMA 😥).
.
Fase ini belum usai saya lewati. Tahapan ini belum tuntas terselesaikan. Saya masih harus berenang dan belajar menyatu dengan aliran.
.
Tulisan ini hanya pengingat, apapun yang kita perdebatkan, apapun yang membuat kita berselisih, namamu akan selalu melekat erat di urat nadi.
.
Doakan bunda cengeng ini sukses melewati riak dan berenang bersama menghantar kupu-kupu terbang tinggi yaa... 🦋🦋
.
.
.
.
.
#TheSetyadi #kisahkepompong #twinsisters #MomofTwins #ParentingBlogger
  • You are a better version of me
.
Nduk, dulu bunda juga pernah duduk di kelas sendirian, tidak ada yang menemani ngobrol. Sama sepertimu.
.
Dulu bunda juga pernah sendirian mengerjakan hasil prakraya dibantu akung, karena tidak ada yang mau menerima bunda jadi anggota kelompoknya. Sama sepertimu.
.
Dulu bunda juga pernah diolok-olok hampir setiap hari, sama sepertimu. Dulu bunda juga pernah di dorong, dipukul memakai penggaris atau dilempar penghapus papan tulis. Sama sepertimu.
.
Tapi kamu lebih percaya diri, mau menyapa teman-temanmu lebih dulu.
.
Tapi kamu berani bertanya lebih dulu "apakah kamu mau jadi pasangan olah ragaku?".
.
Tapi kamu berani menolak dan berteriak ketika disakiti.
.
Nduk, kamu tak perlu menjadi seperti bunda.
.
Kamu akan tumbuh menjadi lebih tangguh setiap hari. Kamu akan memiliki lebih banyak teman. Kamu akan menolong lebih banyak orang. Kamu akan bersinar jauh lebih terang.
.
Karena bunda tahu kamu jauh lebih HEBAT dari bunda.
.
Jangan pernah menyerah. Di namamu terselip doa kami 🦋
.
.
.
.
.
#kisahkepompong #TheSetyadi
  • Rejeki bunda cantik. Sore-sore, mendung manja, datang mbak Tata dari @soulkitchen_id nganter Bitterballen. Tadinya mau dibawa buat meet up para blogger, ternyata salah lihat kalender. Jadiii.... maafkan kalau para mbok dhewor cukup tak ceritain rasanya saja.
.
Bitterballen ini di luar rasanya renyah dan krispi. Pas digigit, isi dagingnya penuh. Gurih! Pas banget dicocol dengan saos sambal.  Apalagi dimakan sore hari sambil ngobrol sama mertua yang lagi melukis. Mana lagi hujan deras begini. Surgaaa... Nikmat mana lagi yang mau didustakan?
.
Mbak Tata membuka PO untuk bitterballen frozen maupun yang siap makan. Ada yang beef dan ada yang cheese. Pertama nyicipin ini pas acara #ngobrolparentingditaman lalu ketagihan.
.
Terima kasih mbak Tata sudah menyempatkan mampir ke rumah hanya demi memenuhi hasrat perut yang kangen bitterballen 🙏 Sukses dengan @soulkitchen_id nya ya!
.
.
.
.
.
#kisahkepompong #TheSetyadi  #indonesianculinary #indonesianfood #surabayaculinary #kulinersurabaya #cemilansehat #cemilansurabaya
  • - Nama di Pensil -
.
Nama di pensil ini sempat menjadi polemik buat bunda galau. Jadi ceritanya akhir-akhir ini saya memberi label nama di pensil yang dibawa duo bocah kunyil.
.
Tujuan awalnya sebenarnya menghindari debat kusir antara Kira dan Kara. Setiap belajar bersama pensil-pensilnya sering tertukar, lalu berdebat pensil panjang punya siapa, dan yang pendek punya siapa.
.
Ya maklum yaaa... Semua pensilnya sama karena biar dapat harga murah langsung beli di toko grosir. Jadi sekali beli langsung beberapa kotak.
.
Kalau ada yang beranggapan emak pelit karena kasih nama di pensil ya hempas manja aja lah kak... Karena setelah melalui pengamatan dan observasi kenapa setiap satu bulan selalu habis pensil selusin, ternyata karena sering jatuh di kelas lalu susah ambil, dan setelah pelajaran selesai, lupa. Pensil pun dadabubye.
.
Ada juga yang karena ribut sama temannya lalu pensilnya di rebut atau dilempar sama temannya, dan hilang entah kemana 😥. Duh naaak....
.
Dari kejadian-kejadian itu, lalu diberilah nama di tiap pensil. Harapannya kalau ada temannya yang menemukan dan bantu ambilkan, bisa dikasihkan lagi. Kalaupun ada mama-mama yang kebetulan lihat ada pensil yang bukan pensil anaknya di kotak pensil, at least bisa bantu mengingatkan untuk dikembalikan.
.
Ya maap yaaa kalau dianggap pelit nya keterlaluan. Biar sama-sama jauh dari prasangka buruk, anggap saja saya menyediakan ladang untuk anak-anaknya belajar jujur, dengan mengembalikan barang yang bukan miliknya. Dengan begitu bisa mempermudah juga kan harus dikembalikan ke siapa karena ada namanya 😜.
.
Atau kalaupun memang tidak dikembalikan juga gak masalah. Insyaallah ikhlas... Semoga coretan pensil-pensil itu menjadi ilmu yang barakah dan bermanfaat, jadi kami bisa ketularan amalnya walau secuil saja... 😜🦋
.
.
.
.
.
#TheSetyadi 
#kisahkepompong 
#pencildrawing #pencil
  • Keseruan acara #bikinbikinditamanXBalbalanFutsal hari ini di Sidoarjo.

Terima kasih banyak ya buibu untuk semangatnya pagi ini. Terima kasih banyak untuk aura positifnya hari ini.
Mohon maaf untuk keterbatasan waktunya.
Mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafannya 🙏.
.
Semoga semua yang di dapat hari ini menjadi manfaat untuk semua.
Semoga tak pernah lelah untuk terus belajar.
Sampai bertemu lagi di lain kesempatan, Insyaallah. 🦋
.
.
.
.
.
#bikinbikinditaman 
#kisahkepompong 
#TheSetyadi 
#kidsactivities