6 Tips Menghadapi Anak Picky Eater

picky eater

Ada yang anaknya picky eater? Alias memilih-milih makanan. Sediiih banget, dimasakin segala macam yang dimakan ya itu-itu saja. Sudah rempong, jungkir balik sampai salto di dapur, eh yang dimakan tempe lagi, tempe lagi… Belum lagi dengar suara nyinyir tetangga, “ibunya gak telaten masakin nya siih…”. Pengen kunyah batu bata deh rasanya!

Keluarga saya semua picky eater. Saya, suami dan kedua anak saya picky eater semua. Saya tidak suka sayuran. Saat hamil kira dan kara, saya memaksakan diri untuk makan sayur. Hasilnya muntah berkali-kali lipat dari morning sickness saya. Suami saya menolak sayur dan segala macam olahan dari daging dan  Ikan. Konon katanya, picky eater itu menurun. Nah kalau suami istri sudah termasuk picky eater, lantas bagaimana anaknya?! Sudah, gak usah ditebak, dilihat saja. Mampir sini ke rumah.. jangna lupa bawa martabak (eh..)

Saya mengalami masa GTM kira dan kara selama 3 tahun penuh. Selama 3 tahun itu pula Kira dan Kara hanya makan nasi putih dan tempe goreng, sate ayam kadang-kadang. Selain itu, ditolak mentah-mentah. Berat Badannya pun tidak terlalu menyenangkan. Berkali-kali saya dimarahi petugas posyandu karena BB nya yang dibawah normal. Cap ibu pemalas sudah berkali-kali mampir dan saya terima. Tapi tak peduli berapa lama saya berkutat di dapur, dan bagaimanapun caranya makanan itu saya jejalkan, tetap saja hasilnya ia masih juga picky eater. Lagi-lagi hanya tempe yang dipilihnya. Tempe pun diolah macam apapun, ya yang dimau hanya tempe goreng. Terus aku kudu piye?

Namun saya bukan orang yang mudah menyerah. Jika memang tidak mudah mengubah kenyataan stempel picky eater untuk kira dan kara, maka masih ada kemungkinan saya memperbanyak jenis-jenis makanan yang dapat diterima oleh kira dan kara. Berikut beberapa hal yang saya lakukan:

  1. Membacakan buku dongeng atau cerita tentang sayuran dan berbagai jenis makanan. Anak akan lebih mudah menerima sugesti positif melalui cerita, dibandingkan hanya nasihat lisan.
  2. Sajikan makanan dalam bentuk yang menarik. Banyak sekali tutorial membuat bento yang mudah dan cepat. Dengan tampilan yang menarik, anak akan memiliki rasa ingin tahu dan ingin mencoba.
  3. Sajikan makanan dalam wadah  yang lucu dan menarik, seperti piring bergambar tokoh favorite anak, dan memiliki warna-warni yang cerah.
  4. Campur jenis makanan yang tidak ia sukai dengan makanan favoritenya. Seperti membuat roti berbahan dasar wortel, nugget dan baso dari ikan laut, keripik dari sayuran, atau jenis olahan yang lain. Apalagi sekarang banyak industri  rumah tangga yang membuat olahan serupa. Cukup memudahkan untuk saya yang ilmu memasaknya masih payah.
  5. Tawarkan makanan-makanan tersebut dalam keadaan anak benar-benar lapar. Biasanya dalam keadaan lapar, makanan apa saja akan terasa lebih enak. Pernah mengalaminya juga kan?!
  6. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan. Ibu gak boleh stress duluan. Every little things worth to try. Sambil makan, sambil bercerita dan menyisipkan sugesti positif. Makan dengan suasana hati senang maka makan apapun terasa lebih nikmat.

Dari  tips – tips yang saya coba diatas hasilnya cukup menyenangkan. Awalnya Kira dan Kara hanya suka nasi putih dan tempe saja, kini mereka mulai doyan makan sayur. Sop, sayur bayam, maupun sayur asem bikinan saya selalu sukses ia lahap. Ayam goreng kini menjadi salah satu menu favorite mereka. Udang dan Ikan segar tak lagi mereka tolak. Kemajuan yang signifikan bukan?! Semoga tips diatas bisa sedikit membantu ya… Selamat berjuang!



Related Posts :

No Comments :

Leave a Reply :

* Your email address will not be published.

ABOUT ME
black-and-white-1278713_960_720
Hi I’am Wiwid Wadmira

I am a mom of twin who love reading, writing and de cluttering. I blog about my parenting style, financial things & reviews. You may contact me at mykirakara@gmail.com

------------------
My Instagram
  • When we met, we talk about kids, we talk about projects and we talk about ourself.

Give us a huge hug and your best pray to strengthen us with our upcoming projects, because we've been through our up and down.

Hope you all have a wonderful days ahead!

#KeluargaBikinBikinDiTaman
  • By, it's 8th year wedding anniversary!
By, it has been 15 years together.
With 2 little girls and you, it has been amazing journey.
Let's row our boat further, further and further... Just never ever give up on us!

#KisahKepompong
#TheSetyadi
@vino.kirakara
  • Ingin tahu seperti apa sisi lain kehidupan remaja jaman digital?

Ingin tahu seperti apa pola pikir remaja saat ini?

Ingin tahu apa mimpi dan keinginan remaja jaman sekarang?

Mungkin film ini jawabannya. Mungkin tidak  mewakili semua remaja. Tapi setidaknya ada sisi dunia yang seperti ini.

Kita tak boleh menutup mata. Kita orang tua yang harus terus belajar mengerti dan mengikuti kehidupan jaman.

Just check this out, parents! *****
@Regranned from @mygenerationfilm -  IFI Sinema
MY GENERATION
Sutradara #Upi / @upirocks

Cerita film ini menggambarkan keadaan remaja di era saat ini lengkap dengan segala problematikanya. Jika di kebanyakan film mengangkat sisi orangtua mempertanyakan sikap/prilaku sang anak, maka di film ini justru kebalikannya, anak mempertanyakan sikap/prilaku orangtuanya.

Film My Generation,
November di Bioskop!

___
#AlexandraKosasie / @mbak.anda
/ #AryaVasco / @aryavasco
/ #BryanLangelo / @bryanlangelo
/ #Lutesha / @lutesha

#filmindonesia #filmnasional #film #indonesia - #regrann
  • I can't stop spoiling twin girls with books.

Kalau inget jaman saya kecil dulu, tiap ingin beli buku perjuangannya panjang, sekarang seperti ingin memuaskan diri beli buku apa yang saya mau.

Beruntung bapaknya gak pernah protes kalau uang belanjanya tiris untuk dipakai berburu buku di rak obral. Dia juga maklum aja ketika istrinya gondok berat dan ngomel panjang ketika tahu ada bukunya yang hilang. Bukan, bukan karena saya terlalu sayang sama buku. Tapi karena gemes, di luar sana banyak anak ingin punya buku, tapi di sini yang berlimpah buku bukannya bersyukur malah abai merawat buku. Itu tuh rasanya kayak bom siap meledak.

Jadi begitulah nduk, syukuri semua yang kamu miliki dengan merawatnya baik-baik. Siapa tahu kalau nanti teman-temanmu datang berkunjung, jangan disuguhi tablet atau ipad ya... Ajak baca buku, ajak main lego, ajak main engklek, ajak main bola, ajak main pasir. Itu jauuuh lebih membahagiakan emakmu.  Scene ini dipersembahkan oleh emak yang lagi beberes rak buku sambil curcol karena nemu banyak buku hilang dari raknya. Mau ngomel, rumah sudah sepi. Sigh! 😥

#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • She has wonderful eyes, hasn't she?
Can you guess who is she? 😜

#throwbackpic
#TheSetyadi 
#KisahKepompong
  • Kids hang out at hospital 😋. Kira & Kara nengok soulmate trio kwek kweknya yang lagi sakit.

Ya gitu deh ya bocah. Kalau sudah ketemu dan becanda, lupa sama sakitnya. Lupa sama jarum infusnya. Tetep aja pecicilan. Diajakin pulang manyun semua (as always). Speedy recovery ya, Affaaa... 🤗😘. @dodyabiarbaah @rizky.eriandani 
#KiraKara
#TheSetyadi 
#KisahKepompong